Loading...

Segudang Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

Penulis: Yuanita Rubrik: Kesehatan

DAUN JAMBU BIJI

TERUSKAN.COM – Ada beberapa jenis jambu yang kita kenal. Setidaknya, ada tiga jenis jambu, yakni: jambu air, jambu biji, dan jambu mete. Nah, kali ini kita akan membahas daunnya, yaitu daun jambu biji.

Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada yang memilih mengobati sakit dengan berobat ke dokter, sementara yang lain memilih pengobatan herbal.

Loading...

Daun jambu biji sendiri telah dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan dan mengobati sejumlah penyakit. Beberapa merk obat keluarga pun memanfaatkan khasiat daun jambu biji ini.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak khasiat jambu biji untuk kesehatan tubuh, berikut ini.

1. Mengobati diare

Penyakit diare disebabkan oleh adanya bakteri yang mengganggu sistem pengolahan makanan dalam usus. Ekstrak daun biji mengandung phytochemical dan sejumlah antioksidan: karotenoid, antosianin, dan flavonoid. Senyawa antioksidan ini mencegah pertumbuhan Staphylococcus aureus, bakteri yang menyebabkan diare.

Daun jambu biji bisa diseduh sebagai teh, atau juga ditumbuk lalu diperas airnya. Berdasarkan Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine, ekstrak daun jambu biji inilah yang akan mengurangi sakit perut dan dehidrasi, serta mempercepat proses penyembuhan.

2. Mengatasi kolesterol tinggi

Meminum teh daun jambu biji muda sangat bermanfaat dalam mengatur kadar kolesterol dan trigliserid dalam darah.

Sebuah penelitian melibatkan partisipan yang meminum teh daun jambu biji, dan berhasil menunjukkan bahwa partisipan tersebut memiliki kadar kolesterol, kadar lipoprotein, dan trigliserid yang rendah, setelah meminum teh daun jambu biji secara rutin selama 8 minggu.

Sejumlah penelitian lainnya juga menunjukkan hasil yang serupa, dengan tingkat konsumsi pada rentang waktu berbeda-beda. Ini menunjukkan bahwa daun jambu biji sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

3. Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes

Salah satu negara yang telah mengakui khasiat teh daun jambu biji untuk mencegah dan mengobati diabetes mellitus adalah Negeri Sakura, Jepang.

Senyawa dalam teh ini mampu menyerap 2 jenis gula, yakni maltosa dan sukrosa. Teh ini mengurangi aktivitas enzim alpha-glukosida yang mencegah penyerapan sukrosa dan maltosa dalam tubuh.

4. Membantu menurunkan berat badan

Daun jambu biji bisa membantu mengurangi berat badan karena mencegah zat tepung kompleks berubah menjadi gula. Daun jambu biji mencegah transisi karbohidrat menuju hati agar bisa diuraikan. Dengan semakin sedikitnya jumlah karbo dan gula dalam tubuh, maka produksi lemak pun berkurang.

5. Membantu pencernaan

Daun jambu biji membantu pencernaan makanan dengan merangsang produksi enzim yang melancarkan pencernaan. Kuatnya antibacterial agent membunuh bakteri jaha dan dalam usus dan mencegah perkembangbiakan bakteri beracun.

Daun ini juga memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa mual, muntah, dan masuk angin. Untuk meredakan sakit perut, rebus 8 helai daun jambu biji yang masih muda dengan 1,5 liter air, lalu minum 3 kali dalam sehari.

6. Meredakan sakit gigi, radang tenggorokan, dan penyakit gusi

Dengan kemampuannya meredakan radang, daun jambu biji bisa juga meredakan sakit gigi, menyehatkan gusi, dan rongga mulut.

Untuk kesehatan mulut, caranya adalah dengan menggunakan daun jambu biji yang masih muda sebagai campuran air kumur. Daun ini juga bisa digunakan untuk menggantikan pasta gigi.

7. Manfaat pada penderita demam berdarah

Ekstrak daun jambu biji bisa meningkatkan produksi sel darah merah tanpa menimbulkan efek racun.

Untuk mengobati demam berdarah, rebus 9 helai daun jambu biji ke dalam 5 gelas air mendidih. Biarkan sampai airnya hanya tersisa 3 gelas. Setelah dingin, ramuan ini diminum oleh penderita 3 kali sehari.

**
Masih ada banyak sekali manfaat daun jambu biji. Daun ini dipercaya juga untuk meredakan alergi, mengobati luka dan infeksi, mengurangi kerontokan rambut, menghambat penuaan dini, dan bahkan berkhasiat pula untuk menghilangkan jerawat serta bintik hitam di wajah.

Kekayaan kandungan daun ini sangat tinggi. Jadi, mulai sekarang jangan anggap remeh khasiat daun jambu biji, ya!