Loading...

5 Tips Memilih Kabinet Dapur

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Desain

kabinet dapur

TERUSKAN.COM – Melakukan renovasi dapur bukanlah tugas yang mudah. Banyak keputusan harus dibuat dengan mengingat berbagai faktor dan pilihan yang tak ada habisnya. Dari bahan yang tepat untuk lantai hingga model keran yang tepat, semuanya haruslah tampak sempurna.

Dapur yang sempurna tidak hanya menawarkan fungsi optimal tetapi juga daya tarik visual yang besar, dan lemari atau kabinet dapur merupakan salah satu aspek utama. Kabinet dapur sudah lama digunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan makan ataupun bahn makanan. Bentuk dan modelnya yang indah, menambah tampilan visual untuk dapur Anda.

Loading...

Untuk memilih kabinet atau lemari dapur tidak sama dengan memilih peralatan makan. Karena itu, berikut adalah lima tips yang perlu diingat ketika memilih kabinet dapur.

1. Sesuaikan Dengan Dapur Rumah Anda

Hal ini mungkin sudah sangat jelas menjadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan pemilik rumah saat memilih kabinet dapur. Hanya karena Anda menyukai desain dan warna tertentu tidak berarti bahwa kabinet tersebut akan terlihat pas dan cocok diletakkan di dapur Anda.

Pastikan kabinet yang Anda pilih bisa menyatu dengan tampilan dan suasana dapur serta tidak membuatnya terlihat aneh.

Cara terbaik sebelum memilih kabinet yaitu melakukan sedikit renovasi dapur. Dengan cara ini Anda akan lebih mampu mengembangkan tampilan kohesif tanpa mengorbankan selera Anda untuk kabinet yang Anda inginkan. Anda bisa mengubah warna dinding atau lantai untuk memadukannya dengan warna kabinet.

2. Pemilihan Pintu Kabinet

Kabinet dengan pintu kaca mungkin terlihat cantik saat di majalah, namun tidak saat diletakkan di dapur dengan latar belakang botol masakan atau piring. Memilih kabinet dengan kaca buram atau material lain untuk menyembunyikan peralatan dan persediaan makanan Anda lebih baik.

3. Model

Sesuaikan model dari kabinet dengan suasana dapur Anda. Jika dapur Anda bergaya minimalis, memilih kabinet berbahan minimalis tentunya harus Anda lakukan. Jangan membuat dapur Anda terlihat buruk dengan menggunakan model kabinet yang terlalu menonjol.

4. Kualitas Bahan

Setelah pemilihan model, Anda perlu fokus pada kualitas dari bahan yang digunakan. Kayu solid adalah pilihan yang paling populer untuk kabinet.

Anda dapat memilih jenis kayu seperti maple, cherry, pecan, birch atau yang lebih eksotis seperti mahoni, kenari atau kayu zebra. Untuk kabinet berbahan logam dan High Pressure Laminate juga cukup populer. Pastikan Anda menggunakan kabinet dengan bahan yang berkualitas tinggi.

5. Warna

Untuk pemilihan warna kabinet juga sebaiknya disesuaikan dengan banyaknya penggunaan warna pada dapur Anda. Hindari menggunakan warna kabinet dengan warna berbeda dari perabotan yang ada pada dapur Anda. Warna netal seperti hitam, putih, abu-abu, warna kayu dan krem menjadi warna yang banyak dipilih.

**

Memilih kabinet dapur tidak begitu sulit jika Anda tahu persis apa yang Anda cari dan apa yang paling cocok berdasarkan keadaan dari dapur Anda. Jika Anda menyewa kontraktor, maka pastikan Anda tetap memeriksa untuk memastikan visi dan persyaratan terpenuhi dengan baik.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.