Loading...

3 Kiat Awet Muda untuk Pria

Penulis: Nanie Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Berbicara tentang awet muda biasanya selalu dikaitkan dengan wanita, karena memang wanitalah yang lebih dominan dalam urusan kecantikan dan penampilan dibandingkan pria. Tapi tahukah Anda, meskipun wanita lebih memperhatikan kecantikan dan penampilannya, sebenarnya pria juga ingin tampil gagah, energik, dan awet muda.

Penuaan dini juga bisa terjadi pada pria layaknya wanita. Pria juga bisa terlihat berumur 35 tahun tapi pada kenyataannya usianya masih 20 tahun. Dengan kata lain, tidak hanya wanita yang bisa mengalami penuaan, tetapi pria juga bisa mengalami penuaan. Karena itulah, sebagian pria juga ingin tampil awet muda agar ia bisa tampil cerah, energik, dan gagah. Hal ini tentunya akan membuatnya semakin percaya diri.

Kiat awet muda bagi pria tentu tidak dilakukan dengan memakai make up natural. Awet muda bagi pria juga tidak dilakukan dengan menggunakan masker karena kebanyakan pria jusru merasa tidak nyaman dan malu menggunakan masker. Hal ini disebabkan karena masker biasanya digunakan wanita.

Loading...

Tapi jika pria mau, sebenarnya penggunaan masker alami bagi pria juga bisa membuat wajahnya cerah dan awet muda.  Untuk itu, sebaiknya Anda perlu tahu apa saja kiat jitu bagi pria untuk awet muda berikut ini:

3 Kiat Awet Muda untuk Pria

Asupan Vitamin

Untuk awet muda, Anda perlu mencukupi asupan vitamin dalam tubuh, khususnya vitamin yang berkhasiat untuk awet muda. Vitamin terbaik untuk awet muda yaitu vitamin C, E, dan K. Kita tau bahwa kulit pria cenderung lebih kasar dibandingkan wanita. Karena itu, ia lebih banyak membutuhkan asupan vitamin C dan E.

Pasalnya, vitamin C dan vitamin E berfungsi mengatasi dan mencegah berbagai masalah kulit seperti kasar, kusam, kulit berminyak, bekas luka, keriput, dan garis-garis penuaan. Sementara vitamin K lebih berperan dalam kesehatan tulang agar tidak keropos. Disamping itu, vitamin K ini juga berfungsi menjaga keelastisan kulit.

Vitamin C bisa Anda temukan pada jeruk, mangga, pepaya, lemon, jambu biji dan beberapa jenis buah lainnya. Vitamin E bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau, daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan.

Sementara vitamin K banyak terdapat pada bayam, kacang-kacangan, hati sapi, minyak ikan, dan beberapa jenis makanan lain. So, jangan lupa mengkonsumsi sumber vitamin-vitamin awet muda tersebut ya.

Sunblock dan Sunscreen

Sebagian besar pria menyukai aktivitas di luar rumah dan ia lebih banyak terpapar cahaya matahari. Efek buruk cahaya matahari ini bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan timbulnya garis-garis halus atau penuaan. Karena itu, ada baiknya menggunakan tabir surya atau sunblock sebelum beraktivitas di luar rumah agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Berolahraga Rutin

Sebenarnya ini sudah dilakukan banyak pria, karena sebagian besar pria memang menyukai olahraga. Hanya saja, banyak juga pria yang tidak begitu suka olahraga. Padahal, dengan berolahraga ia bisa mendapatkan kulit yang kencang karena melatih otot.

Berolahraga juga bisa membuat kulit segar dan cerah karena mengeluarkan racun dari tubuh lewat keringat. Berolahraga juga membuat aliran darah menjadi teratur, sehingga nutrisi ke kulit pun bisa menjadi lebih sempurna. Untuk itu, jangan lupa berolahraga setiap harinya, setidaknya hanya olahraga ringan dan waktu yang tidak begitu lama.

Hindari Rokok

Jika Anda menginginkan awet muda, maka ada baiknya mulai menghindari rokok.  Pasalnya, rokok tidak begitu bersahabat dengan kesehatan kulit. Rokok bisa merusak elastin dan kolagen pada kulit yang membuat kulit gampang menua, berkerut, dan kusam. Hal ini tidak terlepas dari kandungan dan racun yang terdapat dalam rokok seperti karbon monoksida, nikotin, tar, dan sejumlah zat berbahaya lainnya.

Zat dan racun berbahaya dalam rokok tidak hanya merusak kulit, tetapi ia juga merusak organ tubuh lainnya. Dengan menghindari rokok, berarti Anda tidak hanya awet muda tetapi juga terhindar dari berbagai penyakit mematikan.

***

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik melakukan beberapa poin di atas agar tetap awet muda?