Loading...

4 Cara Murah dan Mudah Perawatan Rantai Motor

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Otomotif

TERUSKAN.COM – Rantai merupakan bagian penting dalam setiap kendaraan roda dua. Fungsi yang sangat vital untuk menghubungkan roda dengan mesin penggerak hingga akhirnya motor yang anda naiki dapat melaju dengan baik dan benar. Di zaman sekarang ini tidak menutup kemungkinan bahwa masih saja banyak orang-orang yang membeli atau menggunakan kendaraan bermotor yang memiliki rantai sebagai alat yang menggerakan kendaraan.

Memiliki kendaraan roda dua yang memakai rantai tentunya kita harus ekstra hati-hati dan mampu merawatnya dengan baik. Biasanya rantai motor yang tidak terawat akan menimbulkan bunyi yang tidak enak didengar ketika kendaraan melaju, dan itu sangat mengganggu konsentrasi dalam mengemudi.

Selain mengganggu, rantai kendaraan yang menimbulkan bunyi tersebut merupakan pertanda bahwa rantai memiliki gangguan yang serius dan harus segera cepat ditangani, jika tidak mungkin saja anda akan mendorong kendaraan roda dua anda sebelum sampai pada tujuan. Maka, segeralah perbaiki rantai kendaraan anda dan tidak perlu cemas mengenai biaya yang akan dikeluarkan.

Loading...

4 Cara Murah dan Mudah Perawatan Rantai Motor

Berikut cara murah perawatan rantai motor (roda dua) agar berkendara anda menjadi lebih menyenangkan dan aman saat dikendarai:

Perhatikan Pelumasan

Rantai yang baik adalah rantai yang terjaga pelumasannya, untuk pelumas gunakanlah pelumas yang dianjurkan berdasarkan produk kendaraan, atau jika tidak belilah pelumas yang berkualitas. Sebelum melakukan pelumasan pada rantai kendaraan anda, pastikan bahwa rantai dalam keadaan bersih, jika tidak, maka segeralah bersihkan rantai.

Untuk membersihkan rantai kendaraan anda bisa menggunakan bensin sebagai pembersihnya, atau jika tidak, anda bisa menggunakan jenis pembersih lainnya. Pastikan tidak menimbulkan karat.

Perhatikan Pengaturan Perpindahan Gigi

Perpindahan gigi pada kendaraan merupakan hal sepele namun berdampak panjang. Biasanya para pengendara melupakan bagian ini bahwa rantai akan menjadi rusak apabila perpindahan gigi yang tidak benar dilakukan secara terus menerus. Usahakan anda melakukan perpindahan gigi dengan halus dan benar.

Setelan Rantai

Selain pelumasan dan perpindahan gigi, ada satu hal lagi yang penting dalam merawat rantai kendaraan anda, yaitu setelan rantai. Rantai yang tidak disetel (setting) dengan baik antara jarak bebas (ketegangan) rantai itu sendiri, maka rantai akan mudah panas dan cepat aus, usahakanlah setelan rantai anda memiliki jarak bebas agar rantai dapat bekerja dengan baik tanpa harus memiliki beban yang berlebihan.

Lakukan Perawatan Secara Teratur

Dan yang terakhir adalah melakukan perawatan secara teratur. Pastikan anda merawat rantai kendaraan roda dua anda dengan teratur, seminimalnya dua kali dalam sebulan, dan itu bisa saja tergantung pemakaian.

**

Demikian cara murah perawatan rantai motor (roda dua), semoga anda tidak mendorong kendaraan sebelum sampai tujuan karena rantai kendaraan roda dua anda yang rusak dan tidak dirawat. Semoga bermanfaat.