Salah Menggunakan Gadget Bisa Berdampak Pada Kesehatan

TERUSKAN.COM – Manusia sekarang ini sudah tidak bisa lagi hidup tanpa adanya gadget. Mengingat kemajuan teknologi yang kian menjamur di hampir seluruh aktivitas manusia. Pernahkah Anda membayangkan atau merasaka seharian tanpa adanya ponsel Anda? bagi mereka yang belum terlalu up to date tentang informasi, mungkin masih bisa menahan. Namun tidak dengan mereka yang segala aktivitasnya bergantung pada ketersediaan informasi sepertinya terasa sulit untuk lepas dari dunia digital.

salah-menggunakan-gadget-bisa-berdampak-pada-kesehatanSegala macam model teknologi yang sekarang sudah ditawarkan pastinya ada efek buruknya bagi tubuh. Selain radiasinya yang harusnya kita hindari, posisi tubuh saat menggunakannya juga perlu kita waspadai. Terkadang saat menggunakan gadget atau pun teknologi lainnya, kita sampai lupa jika posisi kita tidak nyaman dan bisa dikatakan salah. Misalnya, chatting sembari tiduran atau duduk selonjor dengan laptop di pangkuan.

Kira-kira posisi bagaimana yang tanpa disadari ternyata keliru dan berbahaya, padahal dianggap paling nyaman? Simak rangkuman yang dilansir dari beberapa sumber yang kami dapatkan dibawah ini:

Loading...

Tidur tengkurap dengan separuh badan terangkat sambil mengutak-atik ponsel

Posisi ini membuat tekanan darah menuju jari-jari tangan terhambat oleh posisi siku yang tertahan lantai. Semua berat badan tertumpu pada siku yang dapat memperburuk saraf ulnaris (saraf yang mengontrol otot-otot di tangan, lengan bawah, dan jari). Akibatnya, Anda akan cepat kesemutan, mati rasa, atau nyeri karena tekanan pada saraf tersebut. Lama-kelamaan, jari Anda akan kehilangan tenaga untuk menggenggam ponsel.

READ:  Mengapa BlackBerry Tidak Mau Bangun Pabriknya Di Indonesia?

Sebaiknya Anda berguling ke samping, ambil posisi yang akan mengambil tekanan dari siku Anda dan meringankan ‘tugas’ punggung Anda. Gunakan satu tangan dan beralih dengan tangan lainnya untuk memegang ponsel dalam beberapa menit sekali untuk menghindari penghambatan aliran darah di tubuh (terutama bagian tangan, pundak, dan leher).

Posisi berdiri dengan ponsel berada di area sejajar pusar sehingga kepala Anda tertunduk

Sebuah penelitian di jurnal Bedah Teknologi Internasional menemukan bahwa posisi seperti ini akan membebankan sebanyak 60 pound (setara sekitar empat bola bowling) pada tulang belakang bagian atas.

Ketika Anda berada dalam posisi ini, maka akan mempercepat degenerasi tulang belakang Anda juga membahayakan otot leher Anda. Solusinya, Anda bisa memposisikan ponsel Anda lebih tinggi hingga sejajar dengan dada atau pastikan Anda tidak terlalu menunduk ke bawah.

Menggunakan laptop dengan memangkunya dalam posisi duduk dan membungkuk

Janice Moreside, PhD, seorang fisioterapis dan asisten profesor kinesiologi di Dalhousie University di Halifax, Nova Scotia, menyatakan bahwa menggunakan laptop dalam posisi ini dapat menyebabkan masalah piringan yang terselip sepanjang tali tulang belakang. Masalah inilah yang menjadi penyebab umum sakit punggung yang parah dan linu di sekitar panggul. Selain itu juga akan membuat aliran darah di kaki terganggu, sehingga Anda akan terasa lemas saat berdiri.

READ:  Asus Menyiapkan Nexus 7 Terbaru

Mulai sekarang pindahkan posisi laptop ke meja. Duduklah sejajar dengan laptop. Posisi ini akan membuat tulang belakang Anda nyaman dan aman.

Posisi duduk bersandar sambil bermain tablet dengan paha tertekuk dan posisi badan yang condong ke depan

Jika Anda sering menggunakan tablet dengan bersandar dan posisi paha yang tertekuk sehingga tubuhmu condong ke depan, segera tinggalkan kebiasaan ini. Terlalu sering melakukan hal ini menyebabkan nyeri punggung dan leher.

Jika memang sengaja memainkan gadget sembari menunggu ngantuk, baiknya lakukan dengan posisi berbaring menyamping dengan bergantian ke kiri dan ke kanan sama seperti solusi di poin pertama. Yang perlu diingat adalah, jangan menutup sebelah mata saat memainkan gadget sambil tidur posisi miring seperti ini, karena dapat menyebabkan gejala kebutaan sementara.

Posisi tengkurap di sofa dengan leher terjulur menatap ponsel yang ditaruh di lantai

Posisi ini tidak baik karena akan memaksa darah mengalir ke kepala lebih cepat. Pada saat yang bersamaan, otot leher pun dipaksa menopang berat bobot kepala. Efek lainnya adalah timbulnya nyeri punggung. Bahkan, penelitian di Australia menemukan posisi seperti ini bisa berisiko sakit punggung bawah.

Mulai sekarang, Anda bisa mengganti posisi dengan rebahan terlentang dan memegang ponsel atau tablet di kedua tangan di atas kepala. Tapi jangan terlalu lama juga supaya otot Anda tidak tegang.

READ:  LG Optimus G akan Segera Beredar di 50 Negara

Posisi kepala saat menonton layar televisi yang terlalu menengadah atau terlalu menunduk, serta jaraknya yang terlalu jauh atau terlalu dekat

Posisi tubuh yang keliru tidak hanya saat Anda menggunakan laptop, ponsel, ataupun tablet. Posisi tubuh yang keliru juga kerap terjadi saat Anda menonton televisi dengan jarak kepala dan televisi terlalu jauh, terlalu dekat, atau menempatkan televisi terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Belum lagi jika pandangan saat menonton nggak lurus ke depan. Posisi ini akan membuat tugas sendi, otot, ligamen, dan tulang lebih berat daripada biasanya. Akibatnya, Anda akan cepat lelah dan pegal-pegal.

Jadi, usahakan agar posisi televisi tidak terlalu jauh dan tidak telalu dekat, juga tempatkan posisi televisi agar sejajar dengan kepala. Jadi, kebiasaan mana yang sering Anda lakukan saat menggunakan gadget? Jika salah satu dari 6 posisi di atas sering Anda lakukan, segera ubah kebiasaan Anda agar lebih sehat.