Kalimat Biasa yang Memberikan Perubahan Besar Pada Anak

TERUSKAN.COM – Semua orang tentu senang dengan kalimat pujian apalagi bagi seorang anak tentu membutuhkan kalimat motivasi dari kedua orang tuanya. Kalimat dengan pujian yang Anda berikan pada anak-anak Anda tiap harinya, akan memberikan keberhasilan di masa yang akan datang.

kalimat-biasa-yang-memberikan-perubahan-besar-pada-anakSebagai manusia biasa orangtua kadang lupa menjaga sikap ketika menghadapi perilaku anak yang kurang menyenangkan. Alih-alih menjadi teladan baik bagi anak, orangtua justru kerap berbuat kasar bahkan memberikan contoh buruk melalui tutur kata dan perbuatan.

Bagi anak-anak orangtua merupakan sosok paling penting dalam kehidupannya. Oleh karena itu, orangtua harus betul-betul bisa menjaga perkataan dan perbuatan jika berharap anak-anak kelak tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang baik.

Loading...

Tahukah Anda dalam kehidupan sehari-hari sebetulnya ada banyak hal baik bisa orangtua ucapkan kepada anak. Anda boleh percaya boleh tidak, melalui kalimat-kalimat positif yang Anda ucapkan kepada anak setiap hari mampu membentuk karakter mereka, bahkan menjadikan mereka pribadi-pribadi hebat dimasa yang akan datang.

Dilansir dari Power of Positivity, berikut 8 kalimat positif yang bisa Anda ucapkan kepada anak setiap hari:

READ:  5 Cara Untuk Memotivasi Anak

“Katakan aku mencintaimu sesering yang Anda bisa”

Dalam setiap kesempatan besarkan hati anak-anak dengan sering mengucapkan “Aku Mencintaimu”, lakukan dengan cara yang tulus, bahkan Anda boleh melakukannya berkali-kali.

“Aku suka ketika kamu…” (Bicarakan tentang aspek positif mengenai perilaku mereka)

Daripada selalu mengkritik perilaku negatif anak, disarankan orangtua agar lebih fokus pada aspek positif mengenai perilaku mereka. Anak-anak butuh dukungan, ketika mereka berbuat salah orangtua bisa membantu mereka mengubah kebiasaan buruk mereka dengan mengatakan, “Aku suka ketika kamu…?”.

 “Kamu membuatku bahagia” (kalimat ini membuat anak-anak merasa berharga)

Jika ingin membuat anak-anak merasa dihargai kalimat ini sangat pas Anda sampaikan. Tidak hanya itu, ketika Anda mengucapkan kalimat ini anak-anak akan merasa diterima kehadirannya, sehingga anak-anak akan lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan.

“Aku bangga kepadamu”

Setiap anak sangat membutuhkan pujian dari kedua orangtuanya, pujian demi pujian yang Anda sampaikan dengan tulus dapat mendorong rasa percaya diri anak untuk menggapai keberhasilan di masa yang akan datang.

READ:  7 Kebiasaan Sehat Yang Harus Diajarkan Pada Anak

“Kamu spesial” (Biarkan anak-anak menyadari bahwa keunikan mereka adalah kekuatan)

Setiap anak memiliki karunia yang berbeda-beda, orangtua perlu menggali keunikan mereka dan membantu mereka mengembangkannya. Kalimat “Kamu spesial” akan membuat anak-anak merasa lebih percaya diri dan lebih bersemangat dalam menghadapi persaingan.

“Aku percaya kepadamu”

Ketika anak-anak makin tumbuh besar banyak hal bisa mereka lakukan seorang diri, dalam kondisi semacam ini orangtua tidak perlu lagi susah payah mengkhawatirkan keadaan mereka. Biarkan anak-anak belajar memutuskan apa yang harus mereka lakukan, berikan kepercayaan penuh sehingga mereka mampu membuat keputusan penting dalam kehidupannya.

“Aku tahu kamus pasti bisa”

Ada banyak hal harus anak-anak kuasai agar mampu menghadapi persaingan dalam hidup. Namun, di saat anak-anak merasa putus asa dan ingin menyerah, maka semangat serta dukungan dari Anda sangat mereka butuhkan. Ucapkan kalimat “Aku tahu kamu pasti bisa” akan mampu membangkitkan semangat dan rasa percaya diri mereka saat menghadapi kesulitan.

“Aku bersyukur memilikimu”

Terakhir, sampaikan betapa Anda sangat bersyukur memiliki dia sebagai anak, tunjukkan kepadanya bahwa ia adalah harta paling berharga dalam hidup Anda. Tidak ada hal lain yang lebih membahagiakan bagi seorang anak ketika mengetahui bahwa orangtuanya sangat mencintainya dengan tulus.