Tips Mencegah BAB Berdarah

Makanan berseratMakanan berserat membantu BAB lancar

BAB berdarah biasanya merupakan manifestasi dari luka pada usus, wasir atau ambeien, atau bahkan kanker usus. BAB berdarah biasanya ditandai dengan feses yang keluar beserta dengan darah. Jika terdapat luka pada kolon, biasanya feses keluar beserta darah segar dari lubang dubur. Jika feses yang keluar berwarna kehitaman, berarti terdapat luka pada usus halus.

Bagaimana cara mencegah BAB berdarah? Apa saja yang harus dilakukan? Simak tips berikut:

Serat

BAB berdarah umumnya disebabkan oleh feses yang sangat keras sehingga orang sulit mengejan dan membuat luka pada usus. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka Anda harus memperbanyak konsumsi serat dari makanan. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan dapat membuat feses tidak keras, sehingga BAB berdarah dapat diminimalisir.

Air

Minum minimal 8 gelas air putih dapat membantu metabolisme tubuh dengan baik. Metabolisme tubuh yang baik berarti pencernaan juga lancar, sehingga mengurangi resiko luka pada usus dan BAB normal.

Mengurangi Makanan Pedas

Tahukah Anda, makanan pedas dapat membuat luka pada usus? Jadi, hindari makanan pedas berlebihan sehingga Anda tidak mengalami BAB berdarah.

Jalan Kaki

Tidak perlu muluk-muluk berolahraga, cukup dengan berjalan kaki minimal 45 menit sehari dapat membuat posisi usus tetap baik dan terhindar dari ambeien.

Semoga bermanfaat.

(photo: fitho.in)

Topik Terkait: , ,

5 Komentar

  1. gita novianty says:

    selamat mlm …. sy takut sudah 1 bulan sya BAB berdarah…tapi darah nya itu agak kehitam"man…,,sya sudah ke dokter tapi belum jg sembuh…malah tambah banyak yg kluar…,knp ya….dan sakit apa sy ini….?

  2. Pingback: BAB Berdarah | Annida Wahyu Kurnia

  3. Pingback: Apa Penyebab Buang Air Besar Berdarah?

  4. puspita says:

    Selamat pagi

    Saya takut sudah 6 hari sudah bab dsertai darah yg kluar.apakah ini pngaruh karena uda lama saya jarang bab stelah bab keras trus berdarah smpek 6 hari ini

    Kenappa y?saya takut terjadi ap2

    • Halo Puspita,

      Untuk penanganan BAB berdarah sudah lebih dari 6 hari, sebaiknya segera kunjungi dokter/puskesmas terdekat. Jangan makan yang keras dulu, sebaiknya perbanyak minum air putih.

      Biasanya BAB keras dan berdarah terjadi karena sdr. Puspita jarang mengkonsumsi makanan berserat (sayur-sayuran dan buah) dan jarang minum air putih. Untuk mencegah BAB berdarah lagi, lakukan tips-tips di atas. Semoga bermanfaat dan cepat sembuh ya.

Berikan Komentar