Pentingnya Aktivitas Fisik Pada Anak

Aktivitas fisik anakAktivitas Fisik Anak

Sudah lama diketahui bahwa aktivitas fisik sangat berguna untuk mengoptimalkan fungsi tubuh dan otak. Terlebih lagi jika menyangkut anak-anak, karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

Adalah penting untuk mendorong aktivitas fisik anak, contohnya bermain di luar rumah. Hal ini berguna untuk meningkatkan koordinas motorik dan mengajari anak berinteraksi sosial.

Loading...

Sekarang ini, sangat susah untuk menemukan ruang publik yang memungkinkan untuk pengembangan kegiatan olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Oleh karena itu, orang tua perlu untuk memberikan anak-anak pilihan: membawa mereka ke taman, pantai, lapangan atau tempat lain yang cocok bagi mereka untuk melepaskan semua antusiasme seperti melompat, berlari, bergerak dan bermain kotor.

Jangan takut kotor, kotor itu baik, kata sebuah iklan. Yah, benar juga sih, kapan anak-anak akan belajar jika mereka takut kotor?

Jangan lupa, penting untuk menghormati pilihan anak-anak. Jika mereka tidak suka bermain bola, jangan memaksa. Tawarkan aktivitas lain sebagai pilihan, latihan renang misalnya.

READ:  Minuman Sehat Untuk Anak-Anak

Jika anak-anak memilih olahraga yang kompetitif, ajarkan sejak dini tentang tanggungjawab. Bahwa olahraga seperti ini, tentu saja memerlukan latihan keras. Ajarkan juga tentang etika olahraga dan tentang pentingnya bersikap sportif dan menerima kekalahan.

Jangan biarkan anak Anda mengurung diri di rumah, bermain games atau komputer sepanjang hari. Mereka akan malas bergerak dan kehilangan waktu untuk belajar bersosialisasi.

Khawatirnya mereka akan tumbuh sebagai pribadi yang introvert dan rendah diri, yang tentu saja akan berpengaruh pada masa depan anak kelak.

(photo: sportbizinsider.com.au)