5 Tips Menggunakan Jejaring Sosial Facebook

tips facebookInternet saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan primer setiap manusia. Baik yang muda maupun yang tua, tak terkecuali bagi orang–orang di pedesaan yang mulai mengetahui manfaat dari menggunakan Internet.

Internet telah ada sejak tahun 90-an, namun perkembangan pesatnya dimulai sekitar 4 tahun silam, ketika di Internet mulai memperkenalkan dunia sosial media. Dunia seakan menemukan cara berinteraksi model baru yang lebih seru.

Sejak munculnya sosial media Friendstar yang kini digantikan oleh Facebook dan Twitter , orang – orang pun beramai – ramai mencari tahu tentang internet dan bagaimana cara menggunakannya.

Loading...

Nah kali ini kita akan membahas mengenai tips – tips Facebook, jejaring social yang didirikan oleh Mark Zuckberg ini telah mengubah peradaban manusia. Kehadiran Facebook sebenarnya untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik, bukan malah menjadi lebih buruk.

Nah apa saja tips yang harus dilakukan ketika menggunakan facebook? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Jangan membuat info profil lengkap

Facebook adalah sarana untuk berbagi dan berhubungan sosial di dunia maya. Dari sini banyak yang mengaku menemukan orang – orang yang sekian lama dicarinya. Tetapi perlu diketahui bahwa banyak juga yang menggunakan kecanggihan teknologi untuk berbuat jahat.

READ:  5 Aplikasi Ipad Yang Harus Dimiliki

Oleh karena itu alamat lengkap tak perlu dimasukkan di profil kita, karena bisa menjadi ladang kejahatan bagi orang lain. Cukup masukkan informasi tempat sekolah saja untuk membantu menemukan teman – teman lama anda.

2. Update status yang berguna

Di facebook saat ini banyak digunakan orang – orang untuk mengupdate status tidak penting. Seperti contohnya “lagi sendiri di rumah”, mengupdate status seperti itu sama sekali tidak memberikan keuntungan kepada kita maupun orang lain. Jika terus – terusan mengupdate status tidak penting seperti itu, apalagi dalam tempo yang sering bisa membuat orang bosan melihatnya.

Bisa jadi orang – orang akan menjadikan anda daftar blacklist temannya, dan bisa jadi anda diremove dari daftar teman. Lebih baik lagi bila anda mengupdate status yang berguna dan bermanfaat, sehingga tak segan – segan orang akan berlangganan setiap aktivitas anda.

3. Berteman dengan orang telah dikenal

Banyak teman, berarti terkenal, itulah motivasi yang dipikirkan para pengguna fb untuk mengkonfirmasi setiap orang yang ingin berteman dengannya di Facebook. Bisa jadi orang yang mengajak berteman itu sengaja ingin mencari data prbadi tentang anda untuk kepentingan tertentu.

READ:  Iconia B1-A71, Tablet Android Keluaran Acer Seharga Rp 1,6 Jutaan

Jadi bijaklah dalam memilih teman online di facebook, sebaiknya hanya mengkonfirmasi orang – orang yang telah diketahui identitasnya di dunia nyata.

4. Tidak membuat toko online

Beberapa orang  mulai memanfaatkan jumlah teman yang banyak di facebook sebagai ladang untuk berjualan. Sehingga teman – temannya pun ditag foto tanpa ijin. Sejujurnya banyak sekali orang – orang yang mengganggu dengan hal tersebut.

Bila anda ingin berjualan dan membuat toko online, sebaiknya menggunakan website atau blog. Pembeli juga dapat dijaring lebih banyak.

5. Bergabung dengan group diskusi

Salah satu fasilitas yang baik dari Facebook adalah adanya group untuk berdiskusi. Manfaatkanlah social media untuk menimba ilmu dengan bergabung pada group – group yang dapat meningkatkan wawasan terhadap minat anda.

**

Demikianlah 5 tips dalam menggunakan jejaring sosial facebook. Bermain internet dan sosial media itu seperti mata pisau, sangat berguna bila digunakan dengan baik dan sangat berbahaya bila digunakan untuk tujuan yang salah. Jadi, berhati-hatilah!

(foto: telegraph.co.uk)