Mau Keliling Surabaya Gratis?

Surabaya museum sampoernaHouse of Sampoerna – Surabaya

Surabaya selain dikenal dengan julukan kota pahlawan juga merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Meski dikelilingi beragam mall besar dan pusat perbelanjaan mewah lainnya, peninggalan sejarah di kota ini masih tetap utuh dan dilestarikan oleh pemerintah setempat.

Bagi sebagian traveler, mengunjungi mall–mall besar seperti Tunjungan Plaza, BG Junction, Plaza Surabaya, City of Tomorrow atau Grand City Surabaya akan terasa membosankan. Selain mall, wisata apa yang pantas Anda kunjungi di Surabaya? Jika anda tertarik dengan sejarah dan bangunan tua, ikutlah tur Surabaya Heritage Track (SHT) dari House of Sampoerna. Museum House of Sampoerna terletak di kawasan Kota Lama Surabaya, di Jalan Taman Sampoerna No. 6.

Loading...

Surabaya Heritage Track ( SHT) merupakan tur keliling kota Surabaya (city sightseeing) mengelilingi tempat–tempat bersejarah dengan menggunakan bis merah yang disediakan oleh House of Sampoerna. Tur ini tidak dipungut biaya alias gratis. Peserta tur hanya wajib mendaftarkan diri dan melakukan reservasi sebelum mengikuti tur.

READ:  Perpustakaan Terindah di Dunia

Tur SHT memiliki dua paket tur yakni tur regular dan tur spesial. Tur regular terbagi 2 yaitu tur pada saat weekdays dan saat weekend. Yang membedakan kedua tur ini adalah tempat yang dikunjungi. Saat weekdays, tur SHT akan mampir di Tugu Pahlawan, PT Perkebunan Nusantara XI, Hok Ang Kiong Temple dan Chinese & Arab Kamp. Di saat weekend, rute yang dilalui yakni Gedung Balai Pemuda, Balai Kota dan Cak Durasim. Para peserta tur bisa memilih untuk mengikuti tur pendek (short tour) selama 1 – 1,5 jam atau tur panjang (long tour) selama 1,5 – 2 jam.

Sedangkan tur special adalah tur yang diadakan oleh House of Sampoerna dengan mengunjungi rute yang berbeda dengan rute regular seperti Theme Tour yang mengunjungi beberapa Gereja tua.

Jadwal tur dimulai pukul 10 pagi, pukul 11 atau pukul 15 sore tergantung tur yang dipilih pengunjung. Bus berangkat dari halaman depan A Café di House of Sampoerna dan kembali ke tempat semula. Bus tidak akan mengambil penumpang selama perjalanan, jadi peserta harus naik dan turun di House of Sampoerna (HoS) yang dijadikan terminal untuk bis SHT ini. Tiap trip dibatasi 20 peserta saja sesuai dengan kapasitas tempat duduk di dalam bis. Tak perlu khawatir masalah kenyamanan, karena  bus ini dilengkapi dengan AC, kursi yang nyaman dan berkaca lebar.

READ:  Menghadapi Penerbangan Delay secara Hukum

Usai mendaftar, peserta akan diberi tiket, tanda pengenal (ID) dan peta Surabaya. Selama perjalanan, tracker (pengunjung) akan dipandu oleh pemandu wisata yang menceritakan secara singkat sejarah bangunan-bangunan cagar budaya yang dilewati dari pemandu wisata. Pemandu wisata ini menjelaskan sejarah gedung–gedung tua dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Kunjungan Anda ke Surabaya tentu saja akan sangat menyenangkan bila mencoba wisata kota (city tour) melalui program Surabaya Heritage Track ini. Selain menikmati suasana kota, Anda akan banyak mengetahui sejarah bangunan–bangunan tua peninggalan Belanda yang masih terawat dengan baik. Apalagi program tur ini merupakan fasilitas gratis yang diberikan oleh House of Sampoerna.

Namun bagi yang belum, tak perlu ragu untuk memasukkan kota Surabaya sebagai referensi tempat wisata yang patut Anda kunjungi tahun ini.

(photo: wisatanusa.com)