Mengapa Tomat Baik Untuk Kesehatan?

Tomat Tomat

Mengkonsumsi tomat baik untuk kesehatan tubuh. Anda mungkin sering mendengar pernyataan tersebut dan pada akhirnya mendorong Anda secara rutin mengkonsumsi tomat demi tubuh yang sehat. Tapi tahukah Anda fakta-fakta apa yang menyebabkan timbulnya pernyataan tersebut?

Kami kutipkan dari tomatofest.com, mengapa tomat dapat menyehatkan tubuh:

Loading...

Makan tomat, saus tomat dan pasta tomat sebagai topping pizza lebih dari dua kali seminggu dapat mengurangi resiko kanker prostat sebesar 21 sampai 43 persen menurut Dr Edward Giovannucci dari Harvard University School of Public Health.

“Satu-satunya nutrisi yang ternyata memiliki nilai pencegahan yang signifikan untuk melawan kanker prostat adalah Lycopene” tulis Dr Giovannucci yang juga menemukan bahwa lycopene yang paling efisien diserap ke dalam tubuh jika disertai dengan lemak makanan (limpids).

“Memasak tomat dalam minyak mendorong penyerapan usus dan hasilnya meningkat dua-tiga kali lipat dalam konsentrasi plasma lycopene,” kata Dr Giovannucci. “Saus tomat adalah salah satu sumber terbaik lycopene.”

Pria yang makan dua atau lebih porsi produk tomat rata-rata mengalami penurunan 35 persen risiko kanker prostat.

READ:  5 Tips Meninggikan Badan Secara Alami

Produk tomat juga bermanfaat pada kanker agresif yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Sumber makanan terbaik lycopene menurut Tomato Research Council di New York City adalah (jumlah lycopene dalam satu ons) saus tomat, saus spaghetti, kecap (5 mg), sup tomat, tomat kalengan, jus tomat, jus sayuran (3 mg), minestrone soup, sup sayur, jeruk bali (1 mg).

Lycopene membantu wanita menjaga pertumbuhan jaringan tumor di leher rahim, Cervical Iintra-epitel Neoplasia (CIN), menurut penelitian dari University of Illinois di Chicago.

Lycopene merupakan inhibitor kuat dari pertumbuhan payudara, endometrium (lapisan dalam rahim) dan sel kanker paru-paru.

Tomat baik untuk mata. Lycopene, karotenoid yang paling banyak dalam serum darah, ditemukan menjadi antioksidan kunci yang akan menjaga terhadap ARMD (Age-Related Macular Degeneration), suatu kondisi yang dapat menyebabkan kebutaan.

Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C, kalsium dan kalium.

Lycopene merupakan inhibitor untuk penyakit jantung.

(foto: southdreamz.com)