8 Aturan Berbelanja Sepatu Yang Harus Anda Ketahui

Tips Berbelanja SepatuBerbelanja Sepatu

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa ‘sepatu yang bagus akan membawamu ketempat yang baik pula’. Sepertinya itulah yang membuat para wanita sangat tergila-gila pada sepatu hingga bahkan beberapa diantaranya mengkoleksi berpuluh bahkan ratusan pasang sepatu.

Namun, dalam membeli sepatu ada beberapa hal penting yang harusnya diketahui para wanita. Apakah itu?

Loading...

1. Sesuaikan Dengan Anggaran

Ingat! jangan karena sepatu-sepatu yang diberi label ‘On Sale’ atau Diskon 50%’ Anda jadi kalap dan membeli 3 atau 4 pasang sepatu sekaligus. Lagipula belum tentu Anda membutuhkan sepatu-sepatu tersebut.

Jangan jadi pembeli yang impulsif! Belilah sepatu yang benar-benar diinginkan dan Anda cari, jangan sekali-kali tergoda dengan potongan harga!

2. Berbelanja Ketika Malam Hari

Mungkin ini terdengar sedikit aneh dan lucu. Tapi, percayalah tangan dan kaki akan membesar ketika Anda lelah seharian beraktifitas. Jadi berbelanja atau membeli sepatu di pagi hari akan membuat Anda merasa kesakitan nantinya.

Hal ini diungkapkan oleh Rebecca Raleigh – seorang Penata Gaya di LA. Jacqui Stafford, seorang yang sudah berpengalaman di bidang fashion dan penulis buku ‘The Wow Factor: Insider Style Secret for Every Body and Every Budget’ menyarankan untuk membeli sepatu ketika hari sudah gelap (malam hari).

Ketika Anda sudah banyak bergerak, kaki akan menjadi semakin pas dan nyaman ketika memakai sebuah sepatu.

3. Mengetahui Tipe ‘Arch’ Anda

Arch bisa diartikan sebagai bagaimana bentuk kaki yang Anda miliki. Sehingga ketika membeli sepatu, Anda akan membeli yang pas. Tidak hanya modelnya saja yang bagus, namun juga nyaman di kaki.

Caranya, basahi telapak kaki lalu melangkahlah di selembar kertas putih dan perhatikan bentuknya. Bila memiliki kaki yang datar, akan terlihat bentuk kaki yang hampir sempurna di kertas.

Namun bila memiliki ‘arch‘ yang tinggi, gambaran yang akan terlihat di kertas akan terlihat hilang dibagian tengah. Dan jika Anda memiliki sebuah lengkungan yang normal, sekitar setengah dari itu akan membasahi kertas. Berbekal pengetahuan ini, maka Anda dapat berbelanja sepatu yang tepat.

4. Cobalah 3 Nomor Sepatu Sebelum Membeli

Lebih baik mencoba daripada menyesal nantinya. Hal itu disarankan oleh seorang designer sepatu yaitu Anyi Lu yang memiliki ANYI LU INTERNATIONAL.

Cobalah sepatu yang bernomor sama seperti yang biasa Anda pakai. Lalu coba 1 nomor di bawahnya dan 1 nomor di atasnya. Kebanyakan orang berpatok hanya pada nomor yang telah biasa mereka pakai. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mendapatkan sepatu yang cocok di kaki.

Podiatrist Dr Steven L. Rosenberg, DPM, menambahkan bahwa jika Anda tidak yakin, belilah sepatu dengan setengah ukuran lebih besar. “Anda bisa membuatnya terasa lebih pas dengan menempatkan insole atau arches instan dalam sepatu, yang bisa mencegah selip kaki”.

5. Bila Anda Tidak Bisa Berjalan, jangan Beli!

Meskipun sepatu tersebut adalah sepatu yang sangat bagus modelnya namun Anda tidak bisa berjalan dengan nyaman bila memakainya, jangan beli!

Ini seperti yang dikatakan oleh Baroness Monica von Neumann yang kami kutip dari thefashionspot. Lebih baik anda menyimpan uang Anda dan carilah sepatu yang cocok dan nyaman ketika memakainya.

6. Bertemanlah Dengan Penjual

Ok, mungkin tips ini terdengar sedikit aneh. Namun, Anda pasti paham apa maksudnya disini. “Mereka akan membantu anda menemukan ukuran yang cocok. bahkan terkadang mereka akan memberikan potongan harga tambahan” begitu kata Raleigh.

Penjual pada umumnya memang menginginkan komisi yang besar. Namun, mereka pasti lebih memilih untuk menjalin hubungan yang baik dengan pembeli agar pembeli mau kembali ke toko mereka.

7. Pertimbangkan Wedges

Menurut ahli penyakit kaki di Manhattan, Dr Jacqueline M. Sutera, DPM, sepatu hak tinggi dapat menyebabkan atau membuat kondisi lebih buruk seperti bunions, hammertoe, kuku tumbuh ke dalam, lecet, tulang taji, neuromas (saraf terjepit kaki), keseleo, patah tulang stres dan tendonitis / tendon cedera. Iuuuhhhh…

“Sementara American Podiatric Medical Association merekomendasikan sebaiknya ketinggian tumit 2 inci atau kurang,” kata Jacqueline, “bagi orang-orang yang ingin terlihat sedikit lebih tinggi, Wedges dapat menjadi pilihan yang bagus! Jika sepatu memiliki platform, ketinggian depan pada dasarnya akan membuatnya seimbang sehingga Anda akan merasa lebih nyaman”

8. Lupakan Tren

Jika anda tidak cocok dengan sepatu yang anda kenakan sekarang, buang! Jangan karena sepatu tersebut saat ini sedang menjadi tren, Anda lantas memakainya tanpa mempertimbangkan kenyamanan. Dan jangan lupa untuk memperhatikan proporsi tubuh.

Tips yang terakhir adalah Percaya Diri! Walaupun sepatu itu bukan sepatu yang mahal atau bukan tren terbaru, bila Anda memakainya dengan percaya diri, akan membuat Anda terlihat cantik.

(foto: shoeperwoman.com)

READ:  4 Tips Kencan Untuk Wanita Pemalu