5 Cara Untuk Memotivasi Anak

memotivasi anakJadilah teman bagi anak, dan berilah motivasi agar mau melakukan hal positif

Menjadi orang tua adalah hal yang sangat berat karena memiliki tanggung jawab yang besar, yakni harus mengurus anak dengan baik. Namun, menjadi orang tua juga merupakan hal yang menyenangkan.

Orang tua, terutama seorang ibu harus mampu menangani segala hal. Tugas seorang ibu menjadi semakin berat ketika anaknya mulai bertumbuh. Bukan hanya kebutuhan fisik dari si anak yang harus dipenuhi. Tapi juga kebutuhan emosional yang menyangkut psikologis secara keseluruhan. Ketika seorang anak berada dalam masa tumbuh kembangnya, mereka butuh dukungan atau motivasi yang lebih dari biasanya. Hal ini bertujuan bukan hanya untuk menyenangkan si anak. Tapi, tujuan jangka panjangnya adalah agar mendorong si anak terus melakukan hal positif dalam hidupnya.

Berikut kami uraikan bagaimana cara memotivasi anak agar mereka mau melakukan hal–hal yang positif.

1. Pujilah dan Berikan Dorongan Pada Anak.

Selalu ingat untuk memuji anak Anda ketika mereka telah melakukan hal–hal yang baik. Ingatkan bahwa mereka adalah anak yang baik bagi Anda. Pujian akan membuat anak merasa senang dan terus melakukan hal yang positif.

2. Berikan Hadiah.

Ada beberapa anak yang sangat menyukai hadiah. Seperti, es krim ataupun cokelat. Sesekali berikan hadiah pada anak sebagai tanda apresiasi karena mereka telah bersikap atau berbuat baik.

3. Berikan Tanda.

Hampir sama dengan memberikan hadiah, tapi bedanya disini adalah hadiah yang mereka terima diakumulasikan. Jadi, bila anak telah selesai melakukan tugasnya dengan baik, tandai dengan cara menempelkan sticker pada kertas isi atau mencentangnya. Ketika kertas isian tersebut telah penuh, berikan hadiah yang mereka inginkan.

4. Sesuaikan Dengan Usia.

Bila anak masih dalam usia 5 sampai 10 tahun, mungkin Anda bisa menghadiahi mereka dengan ‘hadiah kecil’. Namun bila anak sudah menginjak usia remaja, tentunya akan lebih sulit ‘mengatur’ mereka. Sesuaikan cara Anda berbicara pada mereka dan banyaklah mendengar, karena pada umumnya anak akan mudah diatur ketika mereka merasa pendapatnya juga ikut didengar atau dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

5. Tekankan Pada Karakteristik Mereka.

Katakan pada anak agar selalu berusaha untuk berbuat baik pada orang–orang di sekitarnya. Perlahan karakter mereka akan terbentuk, bagaimana mereka bersosialisasi, bagaimana mereka harus bersikap ketika menghadapi suatu masalah dan sebagainya.

Memotivasi anak adalah cara yang sangat penting untuk menjaga agar anak berada di jalur yang benar. Motivasi bisa membantu anak agar tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

Topik Terkait: , , , ,
0 comments