Bahaya Meminum Soda Terlalu Banyak

bahaya minum sodaApa bahayanya bila berlebihan mengkonsumsi soda?

Bahaya soda melampaui peningkatan kalori. Kalori yang dikonsumsi dalam bentuk cair tidak memuaskan rasa lapar seefektif kalori yang dikonsumsi dalam bentuk makanan padat, sehingga orang sering mengkonsumsi lebih banyak kalori total. Berapa banyak soda yang Anda minum setiap hari? Simak artikel berikut untuk tahu lebih banyak.

Apa yang berlebihan?

Ada banyak pendapat, terlepas dari soda favorit Anda, soda regular ataukah soda diet. Tanda-tanda minum soda dalam jumlah yang berlebihan diantaranya adalah tidak mengingat kapan terakhir kali Anda membuka kaleng di tangan Anda dan mendapati diri Anda marah ketika tidak ada soda di lemari es untuk memulai hari. Jika anak Anda berulang kali meminta soda dan bukannya susu atau jus, itu adalah indikator.

Soda mungkin terasa enak, tetapi tidak menambah nilai gizi untuk diet siapa pun.

Mengapa harus waspada?

Sejumlah masalah kesehatan telah dikaitkan dengan soda atau minuman ringan.

Osteoporosis. Penipisan tulang dan osteoporosis potensial dapat menjadi masalah besar bagi remaja putri. Mereka memiliki kecenderungan untuk minum banyak soda di saat mereka harus mencapai massa tulang maksimum dan minum lebih banyak susu.

Metabolic syndrome. WebMD melaporkan bahwa sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2008 menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi hanya satu soda diet setiap hari mendapatkan resiko 34 persen lebih tinggi mengalami sindrom metabolik dibanding mereka yang tidak minum. Sindrom ini adalah kumpulan masalah kesehatan yang meliputi kelebihan berat badan dan memiliki kadar gula darah tinggi.

Kerusakan gigi. Menurut American Dental Association (ADA), beberapa non-diet soft drink memiliki hingga 11 sendok teh gula per porsi. Terdapat adanya hubungan antara konsumsi – khususnya konsumsi berat – minuman ringan yang dibuat dengan gula dan kerusakan gigi. Selain itu, kontak yang terlalu lama dengan fosfat dan asam sitrat ditemukan di sebagian besar minuman ini dapat menyebabkan erosi pada enamel gigi.

Diabetes dan obesitas. Mengkonsumsi terlalu banyak soda non-diet juga bisa menjadi penyebab tidak langsung dari diabetes, yang terkait dengan terlalu banyak gula untuk ditangani pankreas, dan obesitas. Sebuah studi pada anak-anak Massachusetts menunjukkan bahwa untuk setiap tambahan minuman bergula yang anak minum setiap hari, peluang mendapatkan obesitas meningkat hingga 60 persen.

Tekanan darah tinggi. Selama bertahun-tahun, para ahli telah membuat korelasi antara kafein dalam soda – tekanan darah dan peningkatannya – regular dan diet. Tekanan darah tinggi merupakan faktor resiko utama untuk serangan jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya. Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya hubungan langsung antara gula dalam soda dan tekanan darah tinggi.

(photo: shutterstock)


Topik Terkait: , , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>