12 Fakta Unik Tentang Payudara

fakta payudaraFakta payudara

Payudara adalah salah satu bagian tubuh manusia yang paling indah dan paling banyak dibicarakan. Bukan hanya oleh wanita, tapi juga oleh pria – tentu saja. Tapi tahukah Anda, ada beberapa fakta tentang payudara yang mungkin Anda tidak pernah tahu sebelumnya.

Berikut adalah 12 fakta unik tentang payudara yang mungkin Anda belum pernah tahu sebelumnya:

#1. Operasi payudara terbesar adalah ukuran 38KKK

Sheyla Hershey asal Brazil mencatatkan dirinya di Guinnes Book of World Record sebagai pelaku operasi payudara dengan ukuran terbesar sedunia. Setelah menjalani operasi dengan bergalon-galon silikon dia mendapatkan ukuran 38KKK.

Pemilik payudara terbesar secara natural adalah Norma Stitz dengan ukuran 102 ZZZ.

#2. Ada organisasi yang memperjuangkan hak bagi wanita untuk tampil topless

Di Amerika ada organisasi bernama GoTopless.org yang memperjuangkan hak bagi para wanita untuk bisa tampil topless atau tanpa penutup tubuh bagian atas seperti yang dilakukan oleh pria. Mereka kadang melakukan pertemuan rutin tanpa menggunakan penutup tubuh bagian atas.

#3. Payudara sebelah kiri lebih besar dari sebelah kanan

Tidak ada payudara yang ukurannya sama persis. Payudara sebelah kiri lebih besar dari yang sebelah kanan, meski begitu perbedaannya kadang sangat tipis sehingga Anda sendiri tidak menyadarinya. Puting payudara juga berbeda bentuk antara kiri dan kanan.

#4. Payudara adalah bagian tubuh wanita yang paling sering menarik perhatian pria

Mungkin bukan berita baru lagi kalau sebagian besar pria memang lebih memperhatikan payudara wanita dibanding bagian tubuh lainnya. Sebuah penelitian dari University of Victoria di Wellington membuktikan bahwa payudara adalah bagian pertama yang ditatap pria ketika melihat seorang wanita.

#5. Pria juga bisa menyusui

Ini kasus yang sangat jarang, tapi bukan tidak mustahil. Payudara pria juga bisa menghasilkan air susu seperti yang dihasilkan oleh wanita. Hal ini bisa terjadi biasanya ketika seorang pria menjalani terapi hormonal karena kanker atau penyakit lainnya.

#6. Inggris adalah negara dengan rata-rata ukuran payudara terbesar di Eropa

Sebuah survey yang dilakukan oleh Triumph memberikan hasil bahwa Inggris adalah negara dengan rata-rata ukuran payudara terbesar di Eropa. Lebih dari setengah warganya menggunakan bra dengan ukuran cup D. Italia menjadi negara dengan rata-rata ukuran bra terkecil, 68% wanitanya menggunakan cup B.

#7. Rata-rata berat payudara adalah 0,5 kg

Berat rata-rata sepasang payudara adalah 0,5 kg atau kurang lebih 1,1 Pound. Tiap payudara menyumbang 4-5% dari kadar lemak di dalam tubuh dan sekitar 1% dari keseluruhan berat badan seorang wanita.

#8. Payudara bisa membesar karena lemak

Pada usia 20an, payudara berisi lemak, kelenjar air susu ibu dan kolagen – jaringan khusus yang membuat payudara tetap kencang. Seiring dengan bertambahnya usia, jumlah kelenjari air susu dan kolagen akan menurun sementara jumlah lemak akan terus bertambah. Ini yang membuat payudara makin kendur.

#9. Operasi payudara bisa memicu keinginan untuk bunuh diri

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Annals of Plastic Surgery yang dirilis pada tahun 2007 menyatakan bahwa banyak pelaku operasi implant payudara yang mengalami depresi berat dan berujung pada bunuh diri. Depresi ini bisa jadi dipicu oleh keracunan silikon yang ditanamkan pada payudara mereka.

#10. Seorang wanita pernah diselamatkan oleh payudara palsunya

Ini adalah sebuah keajaiban. Seorang wanita Israel selamat dari sebuah serangan bom. Wanita yang melakukan operasi payudara 2 tahun sebelumnya ini selamat karena pecahan bom menimpa tepat di bagian silikon di dadanya. Dia selamat, tapi silikonnya hancur berantakan.

#11. Operasi membesarkan payudara adalah operasi plastik terbesar di US

Saat ini ada sekitar 2 juta wanita Amerika Serikat yang sudah pernah melakukan operasi membesarkan payudara. Jumlah ini jauh di atas operasi plastik lainnya seperti pengangkatan lemak atau perbaikan bentuk wajah. Rata-rata mereka yang menjalani operasi implant payudara berusia 34 tahun.

#12. Ada universitas yang khusus mengajarkan tentang bra

Di Polytechnic University of Hong Kong ada jurusan khusus yang mengajarkan tentang bra. Jurusan ini membuat Anda ahli dalam mendesain dan membuat bra.

(photo: cpsdocs.com)

3 Komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *