Akupuntur, Manfaat dan Resikonya

akupunturPengobatan tradisional China, Akupuntur

Akupuntur berasal dari Cina dan telah dipraktekkan di sana selama ribuan tahun. Ia merupakan praktek penyembuhan kuno dari pengobatan tradisional Cina di mana jarum tipis ditempatkan pada titik-titik tertentu pada tubuh. Ini terutama digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi juga telah digunakan untuk mengobati kondisi lain.

Simak artikel berikut untuk tahu lebih banyak tentang manfaat dan resiko akupuntur, dikutip dari webmd.com.

Loading...

Bagaimana Akupuntur Bekerja?

Akupuntur berusaha untuk melepaskan aliran energi vital tubuh atau “chi” dengan merangsang titik-titik di sepanjang 14 jalur energi. Para ilmuwan mengatakan jarum menyebabkan tubuh melepaskan endorfin, yaitu penghilang rasa sakit alami, dan dapat meningkatkan aliran darah dan mengubah aktivitas otak. Skeptis mengatakan akupuntur bekerja hanya karena orang percaya, efek yang disebut efek plasebo.

Apakah Akupuntur Menyakitkan?

Jarum akupuntur sangat tipis, dan kebanyakan orang tidak merasakan sakit atau sangat sedikit rasa sakit ketika jarum ditusukkan. Orang sering mengatakan bahwa mereka merasa lebih berenergi atau santai setelah perawatan. Namun demikian, jarum dapat menyebabkan nyeri sementara.

READ:  6 Tradisi Yang Dilakukan Pada Saat Imlek

Dorongan untuk Obat Rasa Sakit

Akupuntur dapat memberikan penghilang rasa sakit ketika ia digunakan bersama dengan obat nyeri atau terapi lain, seperti pijat. Akupuntur dapat mengurangi kebutuhan akan obat-obatan dan dapat meningkatkan kualitas hidup orang yang memiliki nyeri kronis.

Akupuntur dan Pengobatan Kanker

Karena akupuntur bisa mengurangi rasa sakit, mual, dan muntah, kadang-kadang ia digunakan untuk membantu orang mengatasi gejala kanker atau kemoterapi. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu dan mencari seorang praktisi yang memiliki pengalaman bekerja dengan pasien kanker.

Akupuntur dan Kesuburan

Sebuah tinjauan penelitian medis mendukung pernyataan bahwa akupuntur dapat meningkatkan efektivitas perawatan kesuburan. Satu teori menyatakan bahwa akupuntur membantu dengan mengurangi stres dan meningkatkan aliran darah ke ovarium.

Resiko Akupuntur

Meskipun akupuntur umumnya aman dan masalah serius jarang terjadi, ada beberapa resiko. Jarum yang tidak steril dapat menyebabkan infeksi. Di beberapa titik akupuntur, jarum dimasukkan terlalu dalam bisa menusuk paru-paru atau kandung empedu atau menyebabkan masalah dengan pembuluh darah Anda. Itulah sebabnya mengapa penting untuk menggunakan seorang praktisi yang terlatih dalam akupuntur.

READ:  Legenda Asal Mula Ditetapkannya 12 Shio

(photo: telegraph.co.uk)