Tips Mengawetkan Telur

telurBagaimana agar telur tahan disimpan lebih lama?

Tak perlu diragukan lagi telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung gizi dan protein yang tinggi. Namun, tahukan Anda bahwa telur sangat mudah rusak?

Telur yang segar dengan kualitas bagus bisa disimpan hingga 2 minggu lamanya. Kerusakan diakibatkan karena gas karbon dioksida yang keluar dari telur dan memicu naiknya keasaman pada telur sehingga telur bisa rusak.

Loading...

Menyimpan telur dalam waktu yang lama tanpa proses pengawetan bisa membuat putih telur jadi lebih encer dan bobot telur juga berkurang. Hal ini disebabkan terjadinya penguapan di dalam cangkang telur. Telur yang telah diawetkan bisa memperpanjang masa simpan telur selama satu minggu tanpa mengurangi kandungan gizi maupun protein didalamnya.

Salah satu cara yang bisa membantu mengawetkan telur adalah dengan menggunakan bubur campuran tanah liat, abu gosok serta bubuk batu bata dan garam. Selain itu, mengawetkan telur dengan cara memasukkan ke dalam kulkas yang suhunya 5 derajat celcius juga bisa membuat telur tahan selama 30 hari.

READ:  Gejala dan Pengobatan Keracunan Matahari

Cara baru yang bisa Anda coba adalah dengan mengoleskan minyak sayur atau lilin encer pada cangkang telur. Telur bisa tahan sampai 2 bulan dengan cara seperti ini.

(photo: theinnovationdiaries.com )