Ambisi Proton Di Tahun 2013

proton exora starProton exora star, salah satu produk unggulan Proton

Ambisi Proton Di Tahun 2013

Produsen mobil asal Malaysia yang berada dibawah kepemilikan DRB-Hicom ternyata menyimpan ambisi agar bisa jadi ‘pemain’ global. Salah satu langkah yang akan ditempuh perusahaan tersebut antara lain dengan dengan memperbanyak penjualan serta meningkatkan pasar ekspor.

Penasehat Proton yang juga merupakan mantan Perdana Menteri Malaysia, yaitu Mahathir Muhammad mengatakan bahwa Proton tidak bisa terus menerus memproduksi mobil–mobil murah karena menurutnya Malaysia bisa kehilangan harga diri dan identitasnya sebagai sebuah bangsa karena kebanyakan orang beranggapan bahwa mobil murah kualitasnya kurang baik.

Loading...

Pernyataan yang dikutip dari inautonews itu merupakan indikasi bahwa Proton ingin segera produknya bisa dikenal dan bersaing secara global. Namun, tentu saja hal ini tak mudah, dari yang awalnya merupakan pemain lokal lalu ingin ikut menembus pasar global tentu bukan perkara mudah karena harus memikirkan masalah mengenai investasi yang harus dilakukan serta tantangan berat lainnya.

Pasar utama Proton untuk saat ini adalah Indonesia, Australia dan Thailand. Proton telah memproduksi sekitar 150.000 unit kendaraan pertahunnya, namun jumlahnya diperkirakan akan segera meningkat menjadi 500.000 unit pertahun di masa yang mendatang karena akan memenuhi pasar ekspor.

READ:  Mobil Volkswagen Murah Akan Diproduksi China

Produk Unggulan Proton

Salah satu produk unggulan dari proton adalah Proton Exora Star yang dijual dengan kisaran harga Rp 154 jutaan untuk transmisi manual. Jenis ini menyediakan 3 pilihan warna yaitu Hitam, Silver dan Putih. Untuk spesifikiasi standar mobil ini hampir sama dengan mobil sejenisnya (mobil keluarga) yang sudah tersedia di pasaran. Antara lain power steering, air conditioner (AC), central door lock, front & rear power window, audio system (CD, MP3, WMA, Bluetooth), alarm system, driver seat height adjuster, dan fitur lain seperti tinted glass, side body molding, mud guard, dan door visor.

Namun, yang menjadi nilai tambah dari Proton adalah servis purna jualnya. Dari berbagai review, sebagian besar orang merasa sangat puas terhadap Proton yang begitu cepat tanggap terhadap keluhan konsumennya. Namun, banyak juga yang mengeluhkan bahwa bengkel resmi Proton masih sulit dijangkau. Di Indonesia sendiri salah satu yang bertanggung jawab dalam servis purna jual Proton adalah PT PEI.

Jadi, mungkin untuk Anda yang menginginkan mobil keluarga dengan ‘taste‘ yang mewah namun harga yang kompetitif, ada baiknya untuk melirik produk asal Malaysia ini.

READ:  Ternyata Lamborghini Berawal Dari Sebuah Traktor

(photo: autobildindonesia.com)