Bagaimana Cara Menyamarkan Baret Pada Cat Kendaraan?

baret pada mobilBaret pada mobil

Baret atau goresan pada cat mobil dan motor tentu sangat mengganggu ‘kecantikan’ kendaran Anda. Baret atau goresan biasanya terjadi kalau kendaraan Anda bersenggolan secara tidak sengaja dengan kendaraan lain atau bahkan saat kita terjatuh. Cara yang umumnya digunakan adalah dengan mengoleskan compound pada bagian yang tergores. Namun karena compound bisa memudarkan warna asli cat kendaraan, cara ini mulai ditinggalkan.

Scratch remover merupakan cairan yang sekarang ini telah banyak dijual di bengkel yang berguna untuk menyamarkan goresan tipis pada kendaraan kesayangan Anda.

Berikut kami uraikan bagaimana penggunaan scratch remover:

1. Cuci bersih kendaraan dengan menggunakan sampo khusus agar kotoran dan minyak yang menempel bisa hilang. Setelah itu, keringkan. Sebaiknya gunakan kanebo  untuk melap kendaraan agar lebih cepat kering.

2. Siapkan 2 kain lap yang bersih. Satu lap digunakan untuk menuangkan cairan sebelum menggosoknya ke permukaan bodi kendaraan, satunya lagi setelah digunakan setelah Anda selesai menggosok bodi kendaraan dengan scratch remover. Bukti yang bisa dilihat bahwa scratch remover berbeda dari compound adalah, tidak adanya cat yang nampak luntur pada kain lap. Terus lakukan hal yang sama pada bagian yang tergores lainnya.

3. Untuk goresan atau baret yang agak lebar, ulangi langkah ke-2 sambil diberikan sedikit tekanan pada bagian yang tergores. Tapi, ingat jangan terlalu keras karena bisa membuat bodi penyok.

Cara ini bukan untuk menghlangkan goresan tapi hanya untuk menyamarkannya. Kelebihan scratch remover dibandingkan coumpound adalah cairan  ini tidak membuat cat kendaraan jadi luntur atau pudar. Untuk goresan yang cukup dalam, sayangnya cara ini tidak bisa digunakan.

(photo: carbodyrepairshopbristol.co.uk)

Topik Terkait: , , , ,

2 Komentar

  1. lumayan membantu tuk sementara

  2. Pingback: Apa Saja Hal Bisa Merusak Cat Mobil?

Berikan Komentar