Fakta Tentang Kondom

kondomKondom dengan merek durex

Kondom adalah alat kontrasepsi yang paling populer dengan tingkat keamanan yang tinggi. Bukan hanya sebagai pengaman, kondom juga digunakan untuk membangkitkan gairah dalam hubungan seksual.

Kondom yang digunakan saat ini sebenarnya adalah penyempurnaan dari kondom pertama yang digunakan orang ratusan tahun lalu.

Sejarah Kondom

Asal kata dari kondom belum bisa dipastikan, tapi ada yang mengatakan bahwa kata kondom berasal dari bahasa Latin “condus” yang berarti wadah. Orang Mesir diperkirakan sudah menggunakan kondom sejak 1350 SM.

Mereka menggunakan kandung kemih atau testikel binatang. Bukti penggunaan kondom di Eropa ditemukan pada pahatan di sebuah gua di Combarelles, Perancis. Diperkirakan pahatan ini dibuat sekitar 100-200 tahun sebelum masehi.

Seorang ahli anatomi dari Italia bernama Gabrielle Fallopio mengaku sebagai penemu kondom modern pada tahun 1564. Dia membuat kondom untuk mencegah penyebaran siphilis.

Pada abad ke-16, kondom dibuat dari bahan linen. Sebuah pita ditaruh di ujungnya, kemudian ditarik menyelimuti penis sebelum melakukan hubungan seks. Jaman sekarang 99% kondom dibuat dari bahan lateks.

Pada abad ke 18, kondom dibuat dari testis domba dan kambing bahkan ada juga yang dari kulit ikan. Pada tahun 1844, Charles Goodyear mempatenkan kondom pertama yang dibuat dari bahan karet.

Pada abad ke 19, Casanova seorang pria pemikat wanita yang paling terkenal diketahui menggunakan kondom secara regular. Dia menyebut kondomnya sebagai “redingote Anglaise” (mantel berkendara dari Inggris).

Kegunaan Kondom

Selain efektif sebagai pencegah kehamilan, kondom juga efektif untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual termasuk HIV/AIDS.

Efektifitas pencegahan penyakit menular seksual oleh kondom sudah dibuktikan oleh beragam pengujian, baik dari laboratorium maupun pembuktian secara epidemologi.

Ratusan tahun sudah berlalu sejak pertama kalinya kondom digunakan, bentuk dan fungsinya terus mengalami perubahan dan penyempurnaan.

Bagi Anda yang punya hubungan seks beresiko tinggi, termasuk bergonta-ganti pasangan atau homoseksual maka kondom adalah sebuah properti wajib. Bagaimanapun kesehatan adalah nomor satu.

(photo: indiatvnews.com)

Topik Terkait: , , ,
0 comments

Trackbacks

  1. [...] mereka hanya melakukan gerakan secara konstan sementara kenikmatan itu malah diambil alih oleh latex bernama kondom. Jelas mengesalkan bagi para [...]