4 Tipe Kepribadian yang Rawan Mengalami Stres

stressPenting untuk mengenali kpribadian diri untuk menyelesaikan stres secara tepat

Beragamnya tuntutan dalam kehidupan, membuat orang-orang mudah stres, jika tuntutan tersebut belum terpenuhi. Orang-orang berlomba untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Namun pada kenyataannya, sesuatu yang dinginkan kadang kali sulit bertemu dengan pencapaiannya sehingga menyebabkan Anda stres. Situasi yang sulit inilah yang menyebabkan tubuh menjadi stres.

Gejala-gejala stres secara umum mudah dikenali yaitu sensitif, mudah tersinggung dan marah, mudah lelah dan bersikap agresif, bahkan sulit konsentrasi hingga mudah lupa. Pada beberapa kasus, tidak jarang stres akan menimbulkan masalah kesehatan seperti jantung berdebar tidak biasanya, otot tegang, sakit kepala, gangguan nafsu makan, gangguan tidur hingga alergi.

Loading...

Ada beberapa tipe kepribadian yang rawan mengalami stres. Berikut adalah 4 tipe di antaranya:

1. Terlalu Berhati-hati

Orang yang terlalu berhati-hati termasuk tipe yang mudah mengalami stres. Hal ini dikarenakan orang dengan tipe ini merupakan orang yang perfeksionis, kaku dan kurang toleran terhadap perbedaan. Sedikit saja yang berbeda dari standarnya, bisa membuat ia mudah stres. Biasanya orang dengan tipe ini kaku dan tidak fleksibel jika ada cara yang tidak sesuai dengan kemauannya.

READ:  Manfaat Buah Delima yang Berlimpah Gizi

2. Mudah Cemas

Orang yang mudah cemas juga merupakan tipe orang yang mudah stres. Biasanya orang ini sering merasa tidak aman, dan mudah resah dalam segala situasi. Hal inilah yang menjadikan ia cepat panik dalam menghadapi masalah hingga stres karena merasa keadaan tidak sesuai dengan situasi yang diharapkan sebelumnya.

3. Kurang Percaya Diri

Orang yang kurang percaya diri, juga termasuk tipe orang yang mudah stres. Merasa kurang mampu mengerjakan sesuatu, akibatnya orang ini tidak mengoptimalkan diri dalam menyelesaikan masalah. Ia selalu lari dari masalah sehingga stres menghinggapinya karena masalah tidak terselesaikan.

4. Temperamental

Salah satu tipe orang yang mudah stres adalah orang yang temperamental. Mudah terpancing emosi, membuat orang ini cenderung ‘meledak-ledak’ karena masalah kecil. Orang ini selalu merasa tertekan karena merasa situasi sekitar tidak pernah mendukungnya hingga menimbulkan stres dalam dirinya.

Nah, ada yang merupakan kepribadian Anda? Kenali diri Anda, agar dapat menyelesaikan stres dengan tepat.

(photo: gamerfitnation.com)