Hormon Pertumbuhan, Bisakah Memperlambat Penuaan?

injeksi hormon pertumbuhanInjeksi hormon pertumbuhan

Hormon pertumbuhan diproduksi oleh kelenjar hipofisis – struktur seukuran kacang di dasar otak – untuk bahan bakar pertumbuhan anak-anak dan membantu mempertahankan jaringan dan organ sepanjang hidup. Akan tetapi, mulai usia pertengahan, kelenjar hipofisis perlahan mengurangi jumlah hormon pertumbuhan yang dihasilkannya. Perlambatan alami ini telah mendorong minat dalam penggunaan hormon pertumbuhan sintetis manusia atau Human Growth Hormone (HGH) untuk mencegah realitas usia tua.

Simak artikel berikut untuk informasi lebih lanjut, dirangkum dari mayoclinic.com.

Loading...

Jika Anda skeptis, baik untuk Anda. Ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa hormon pertumbuhan manusia dapat membantu orang dewasa sehat kembali muda dan vitalitas.

Siapa yang membutuhkan hormon pertumbuhan?

Hormon pertumbuhan manusia sintetis, yang harus disuntikkan, hanya tersedia dengan resep dokter. Ini disetujui untuk mengobati orang dewasa yang memiliki kekurangan hormon pertumbuhan yang benar – bukan penurunan hormon pertumbuhan akibat penuaan.

Defisiensi hormon pertumbuhan pada orang dewasa jarang dan mungkin disebabkan oleh adenoma hipofisis – tumor pada kelenjar pituitari – atau pengobatan adenoma dengan pembedahan atau radioterapi. Untuk orang dewasa yang memiliki kekurangan hormon pertumbuhan, suntikan hormon pertumbuhan manusia dapat:

READ:  Cara Cepat Kurus Tanpa Olahraga

– Meningkatkan kepadatan tulang
– Meningkatkan massa otot
– Penurunan lemak tubuh
– Meningkatkan kapasitas latihan

Hormon pertumbuhan manusia juga disetujui untuk mengobati AIDS atau pengecilan otot terkait HIV.

Apa yang bisa hormon pertumbuhan manusia lakukan untuk orang dewasa yang sehat?

Studi pada orang dewasa yang sehat yang mengambil hormon pertumbuhan manusia terbatas. Meskipun tampak bahwa suntikan hormon pertumbuhan manusia dapat meningkatkan massa otot dan mengurangi jumlah lemak tubuh pada orang dewasa tua yang sehat, peningkatan otot tidak diterjemahkan ke dalam peningkatan kekuatan. Hal ini tidak jelas apakah hormon pertumbuhan manusia dapat memberikan manfaat lain untuk orang dewasa yang sehat.

Apa resiko mengambil hormon pertumbuhan manusia jika Anda tidak membutuhkannya?

Hormon pertumbuhan manusia dapat menyebabkan beberapa efek samping untuk orang dewasa yang sehat, termasuk:

Carpal tunnel syndrome
– Pembengkakan di lengan dan kaki
– Nyeri sendi
– Nyeri otot
– Untuk pria, pembesaran jaringan payudara (gynecomastia)

Hormon pertumbuhan manusia juga dapat menyebabkan kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung.

READ:  Masalah Ovulasi dan Penyembuhan Alami

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa efek samping dari pengobatan hormon pertumbuhan manusia mungkin lebih cenderung pada orang dewasa yang lebih tua dari pada orang dewasa yang lebih muda. Karena penelitian pada orang dewasa sehat yang mengambil hormon pertumbuhan manusia dilakukan dalam jangka pendek, tidak jelas apakah efek samping akhirnya bisa menghilang atau malah menjadi lebih buruk.

(photo: hghtherapy.me )