Opioid, Amankan Untuk Orang Tua?

OpioidHati-hati dengan pemberian Opioid pada orang tua

Secara umum, orang tua dapat mengambil opioid dengan aman. Tapi opioid bukan pilihan pertama untuk mengobati nyeri sendi kronis yang disebabkan oleh osteoarthritis. Sebaliknya, acetaminophen (Tylenol, dan lainnya) direkomendasikan sebagai obat lini pertama untuk orang tua dengan nyeri arthritis ringan hingga sedang.

Opioid memiliki resiko yang mungkin sangat serius bagi orang tua. Dikutip dari mayoclinic.com, resiko tersebut meliputi:

Loading...

– Sedasi, meningkatkan resiko jatuh
– Pengembangan toleransi dan kemungkinan kecanduan
Overmedication karena tubuh menguraikan obat lebih lambat dengan usia
– Interaksi yang tak terduga antara opioid dan obat apapun yang orang tua ambil

Acetaminophen efektif dan umumnya aman, meskipun dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah. Dosis dewasa tanpa resep dari acetaminophen adalah 325-660 mg setiap empat sampai enam jam, tidak pernah melebihi total 4 gram dalam setiap periode 24 jam. Karena orang tua memetabolisme obat kurang efisien, mereka cenderung melakukannya dengan baik dengan dosis rendah dari kisaran akhir tersebut. Jika Anda minum banyak, memiliki kerusakan hati yang berhubungan dengan alkohol atau memiliki sejarah dari setiap jenis penyakit hati, jangan melebihi total 2 gram acetaminophen dalam sehari.

READ:  6 Cara Mengatasi Alergi Pada Kucing

Juga, jika Anda mengambil resep obat penghilang rasa sakit yang mengandung acetaminophen dan opioid, jangan mengambil acetaminophen tanpa resep dokter tambahan. Contoh obat ini termasuk kombinasi kodein dan acetaminophen (Tylenol dengan kodein), oxycodone dan acetaminophen (Percocet, Roxicet), dan hydrocodone dan acetaminophen (Vicodin, Norco).

Orang tua harus menghindari obat anti-peradangan (NSAID), seperti ibuprofen (Advil, Motrin, lainnya) dan naproxen (Aleve, dan lainnya), untuk nyeri osteoarthritis. Studi terbaru menemukan tingginya tingkat pendarahan di saluran pencernaan antara orang tua pada terapi NSAID. Memburuknya gagal jantung dan peningkatan resiko penyakit ginjal adalah masalah lain terkait dengan penggunaan NSAID kronis pada orang tua.

(photo: vancouversun.com )