Tips Membersihkan Saringan Udara Pada Motor

membersihkan filter motorMembersihkan filter udara motor

Motor bisa melaju dengan kencang berkat tiga komponen di dalamnya, yaitu udara, api, dan bensin. Pembakaran yang terjadi mengakibatkan motor bisa bergerak. Dua dari tiga komponen di atas seyogianya harus dalam keadaan benar-benar bersih dalam pemakaiannya, karena mereka itu adalah udara dan bahan bakarnya. Bensin yang bersih membantu motor agar tetap terjaga keawetannya, udara masuk pun demikian.

Soal udara, banyak orang melupakan akan pentingnya menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Padahal di udara banyak sekali debu-debu yang bisa membuat piston dan silinder motor menjadi aus. Jadi filter udara adalah komponen yang berfungsi menyaring udara bebas dari luar yang masuk ke dalam ruang pembakaran supaya tetap selalu bersih.

Loading...

Lapisan filter pada motor bila sudah lama tidak diganti akan kelihatan kehitam-hitaman. Ini efek dari jutaan debu yang masuk ke dalam saringan udara motor Anda. Bila dibersihkan dan debunya dikeluarkan, bisa Anda bayangkan seandainya motor Anda tidak dipasangi saringan udara. Maka debu-debu yang menempel pada saringan Anda akan menempel dalam mesin.

READ:  6 Tips Untuk Modifikasi Audio Mobil Anda

Perlu diketahui, filter pada motor ada dua jenis, pertama dari bahan kertas dan kedua dari bahan busa. Kedua filter ini harus dijaga keawetannya biar tahan lama. Dan Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Lebih hemat bukan!

Filter busa pada saringan motor bisa Anda bersihkan dengan menggunakan solar. Lepaskan dari motor setelah itu bukalah saringannya. Jangan menggunakan bensin apalagi air dalam mencuci filter busa ini. Kandungan bensin dan air malah bisa merusak busa filter Anda.

Lain lagi bila motor Anda adalah tipe motor yang bahan filternya terbuat dari kertas. Tidak sama dengan filter busa. Cukup dengan menyemprotkan angin menggunakan mesin kompresor yang ada di bengkel-bengkel. Kotoran-kotoran yang menempel pada kertas saringan Anda pasti bersih.

Beberapa motor matic juga tidak perlu dicuci atau dibersihkan menggunakan solar atau angin kompresor. Anda hanya perlu melap menggunakan kain bersih. Karena filter udara jenis ini terbuat dari bahan khusus yang dilapisi semacam oli khusus. Jika olinya hilang, maka kerja filternya tidak akan sempurna.

READ:  Kenali Kerusakan Motor Anda dari Asapnya

Tiga filter motor di atas juga memiliki masa waktu pemakaian. Jangan biarkan filter motor tidak pernah diganti. Efeknya akan sama saja bila tidak memakai saringan. Ciri-ciri fisik yang bisa Anda lihat adalah bila bentuk filter itu sudah tidak bagus lagi. Atau kisaran setiap 1,5 tahun bisa diganti. Jangan menunda-nunda untuk menggantinya. Harga filter motor cukup terjangkau di bengkel.

Pembakaran nyaman dalam mesin  motor, lajunya pun pasti mulus.

(photo: motorplus.otomotifnet.com)