Definisi Klaudikasio

KlaudikasioKlaudikasio biasanya dimulai dengan rasa tidak nyaman pada kaki

Apa Itu Klaudikasio

Klaudikasio adalah rasa sakit dan/atau kram akibat kurangnya aliran darah ke otot-otot. Kadang-kadang disebut juga dengan klaudikasio intermiten, kondisi ini biasanya mempengaruhi pembuluh darah di kaki, namun klaudikasio juga dapat mempengaruhi lengan.

Meskipun kadang-kadang dianggap sebagai penyakit, klaudikasio secara teknis merupakan gejala dari suatu penyakit. Paling sering, klaudikasio adalah gejala dari penyakit arteri perifer, masalah sirkulasi yang berpotensi serius, namun dapat diobati.

Penyakit arteri perifer disebabkan oleh aterosklerosis, yang merupakan pengerasan pembuluh darah dari akumulasi bentuk plak kolesterol pada lapisan dalam arteri. Hal ini terutama umum di titik cabang dari arteri di kaki. Penyumbatan arteri dari plak menyebabkan aliran darah rendah ke otot-otot di kaki. Ketika berjalan atau berolahraga otot-otot di kaki membutuhkan lebih banyak aliran darah untuk meningkatkan oksigen ke sel. Plak aterosklerotik menyebabkan penurunan aliran darah dan oksigen. Otot-otot kaki dapat terasa sakit dan terbakar akibat oksigen yang tidak memadai. Hal ini dirasakan sebagai kram di kaki.

Untungnya, dengan pengobatan, Anda mungkin dapat mempertahankan gaya hidup aktif tanpa rasa sakit.

Gejala Klaudikasio

Gejala klaudikasio meliputi:

- Nyeri saat berolahraga. Anda mungkin merasa sakit atau tidak nyaman pada kaki, betis, paha, pinggul atau bokong Anda tergantung di mana Anda mungkin memiliki penyempitan arteri. Klaudikasio juga bisa terjadi pada lengan Anda.

- Nyeri intermiten. Nyeri Anda mungkin datang dan pergi seperti saat Anda melakukan kegiatan yang kurang berat.

- Nyeri saat istirahat. Anda mungkin merasa sakit di kaki Anda bahkan ketika Anda sedang duduk atau berbaring.

- Warna kulit berubah atau ulserasi. Jika aliran darah sangat berkurang, jari-jari kaki atau tangan mungkin terlihat kebiruan atau merasa dingin saat disentuh. Anda juga dapat mengembangkan luka pada kaki bagian bawah, kaki, jari kaki, lengan atau jari.

Gejala lain yang mungkin timbul termasuk:
- Perasaan sakit atau terbakar
- Lemah

(photo: life.viva.co.id)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *