Sindrom Eisenmenger, Gejala dan Pengobatan

nyeri dada pada bayiNyeri dada atau sesak, salah satu gejala Sindrom Eisenmenger

Sindrom Eisenmenger adalah suatu kondisi yang mempengaruhi aliran darah dari jantung ke paru-paru dalam beberapa bayi yang memiliki masalah struktural pada jantung.

Paling sering, bayi dengan kondisi ini lahir dengan lubang di antara dua bilik yang memompa – ventrikel kiri dan kanan – dari jantung. Lubang ini memungkinkan darah yang telah mengambil oksigen dari paru-paru mengalir kembali ke paru-paru, bukannya pergi ke seluruh tubuh. Pembuluh darah di arteri paru-paru menjadi kaku dan sempit, sehingga tekanan meningkat. Hal ini secara permanen merusak pembuluh darah di paru-paru.

Tanda-Tanda dan Gejala Sindrom Eisenmenger

Tanda-tanda dan gejala dari Sindrom Eisenmenger meliputi:

– Warna kulit kebiruan atau keabu-abuan (sianosis)
– Kuku jari tangan atau kaki membulat dan besar
– Mudah lelah dan sesak napas saat beraktivitas
– Sesak napas saat istirahat
– Nyeri dada atau sesak
Palpitasi jantung
– Pingsan
– Pusing
– Mati rasa atau kesemutan di jari tangan atau kaki
– Sakit kepala

Penyebab Sindrom Eisenmenger

Cacat jantung yang dapat menyebabkan Sindrom Eisenmenger meliputi:

– Cacat septum ventrikel
– Cacat septum atrial
Patent ductus arteriosus
– Atrioventrikular kanal

Untuk setiap cacat, tekanan darah meningkat mengalir melalui lubang meningkatkan tekanan di arteri paru-paru. Seiring waktu, peningkatan tekanan ini merusak pembuluh darah kecil dalam paru-paru. Dinding pembuluh darah yang rusak membuat sulit bagi sel-sel darah merah untuk mengambil oksigen. Sinrom Eisenmenger terjadi ketika darah mengalir mundur melalui lubang, menyebabkan darah kaya oksigen dan miskin oksigen bercampur. Hal ini akan menurunkan tingkat oksigen dalam darah Anda (sianosis), dan jumlah sel darah merah akan meningkat untuk mencoba dan menebus kekurangan oksigen.

Pengobatan Sindrom Eisenmenger

Anak yang lebih tua dengan gejala ini mungkin harus menjalani phlebotomy untuk mengurangi jumlah sel darah merah, dan kemudian menerima cairan untuk mengganti darah yang hilang.

Anak-anak dapat menerima oksigen, meskipun tidak jelas apakah itu membantu mencegah penyakit agar tidak semakin buruk. Anak-anak dengan gejala yang sangat parah mungkin memerlukan transplantasi jantung-paru.

Sindrom Eisenmenger adalah suatu kondisi yang mengancam jiwa. Prognosis untuk orang yang didiagnosis dengan Sindrom Eisenmenger tergantung pada jenis cacat jantung bawaan dan kondisi medis lainnya.

(photo: kardiol.com)

Topik Terkait: , , ,
0 comments