Ini Dia Masalahnya Jika Persneling Motor Susah Pindah

persneling motor kerasApa yang menyebabkan persneling motor keras?

Sungguh tak enak rasanya bila saat mengendarai motor dan mengalami kemacetan saat menaikkan atau menurunkan persneling motor. Yang mana seharusnya sudah masuk gigi berikutnya, ternyata Anda masih tertahan untuk meningkatkan akselerasi gara-gara tuas kecil yang ada di kaki kiri itu.

Perpindahan persneling yang keras juga disertai dengan suara entakan yang kasar. Sangat mengganggu bila sudah berada di tengah jalan. Belum lagi bila terkurung di kemacetan dan tiba-tiba motor mati hanya karena proses perpindahan persneling.

Loading...

Pengalaman seperti ini menunjukkan bahwa dalam motor Anda sedang mengalami hal yang di luar kewajaran. Ada sebuah bagian dalam motor seperti lingkaran yang harus diperbaiki. Jika keadaan persneling susah untuk berpindah dibiarkan terus-menerus, bisa jadi komponen lain dalam motor bisa ikut rusak, dan pada akhirnya biaya perawatan motor akan semakin besar.

Berikut ada beberapa contoh masalah yang biasa timbul dan menjadi penyebab persneling motor sangat susah untuk dipindahkan.

Penyetelan Speling Pada Tuas Persneling Tidak Sempurna

Tuas persneling diapit dan diatur kerenggangannya oleh mur dan baut yang ada di sampingnya. Ada jarak dalam mengatur speling pada tuas, yaitu sekitar 3 mm. Idealnya seperti itu. Faktanya begini, terkadang mekanik menset terlalu sempit dan kadang terlalu renggang. Apa akibatnya, terlalu sempit mengakibatkan akselerasi pada motor menjadi lambat, namun efek positifnya perpindahan gigi menjadi lebih halus. Bila terlalu renggang setelannya, maka efeknya adalah persneling susah untuk dipindahkan.

READ:  Memasang Brake Pads Motor Sendiri Ternyata Tidaklah Sulit

Kondisi Pelat Kopling Sudah Tidak Semestinya

Pelat kopling yang tidak wajar biasanya dilihat dari bentuk fisiknya. Pelat kopling dalam mesin motor berhubungan dengan girboks yang selalu berputar. Masalah pelat diakibatkan oleh melengkungnya bagian tersebut. Cara untuk mengetahui bahwa plat sudah melengkung adalah dengan diletakkan di atas bidang datar seperti kaca. Bila bentuknya sudah melengkung, segera ganti saja bagian itu. Efek dari lengkungan ini menjadikan kerenggangan kampas kopling tidak maksimal. Jadinya girboks menyusahkan tangkai pemindah untuk menggeser drum pemindah gigi.

Periksa Bagian Arm

Jika motor sudah disetel sedemikian rupa pada bagian speling dan pelat kopling tapi hasilnya tetap sama, Anda bisa memeriksa bagian arm pada motor. Arm pada persneling motor memiliki alur. Dan bila alurnya sudah mulai rusak, maka persneling sangat susah untuk diganti. Ini diakibatkan oleh bola penekan arm otomatis.