Persiapan Wajib Untuk Bertualang Di Alam Bebas

tips bepergian jauhApa saja yang harus dipersiapkan jika ingin melakukan perjalanan?

Bertualang di alam bebas untuk sekedar jalan-jalan atau mencari inspirasi tidak selalu semudah yang dibayangkan. Banyak kendala yang muncul dan di luar rencana bisa terjadi. Jadi jangan pernah lengah untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat.

Keselamatan adalah harga mati untuk aktifitas seperti ini. Apalagi bila masuk ke sebuah medan asing seorang diri. Meskipun Anda yakin dengan kemampuan diri sendiri melewati perjalanan jauh, tapi tidak ada salahnya mempersiapkan hal-hal kecil. Toh tidak ada ruginya bila dilakukan.

Loading...

Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam perjalanan jauh menuju suatu tempat. Utamanya bila menghadapi suatu kondisi buruk saat di lapangan.

  • Sebelum memulai sebuah perjalanan jauh semisal pergi ke daerah terpencil, gunung, atau gurun, wajib bagi Anda untuk mengetahui medan apa yang akan ditemui di sana nantinya. Harus ada pengenalan dengan daerah, minimal Anda mencari referensi tentang daerah tersebut. Bagaimana kondisi hewan-hewan yang ada di sana, tumbuhan mana yang bisa dimakan dan mana tidak boleh.
  • Perjalanan jauh dengan memakai kendaraan pribadi memang cukup mudah. Tapi bila tantangan kondisi alam sangat ekstrim dan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, maka jangan tinggalkan kendaraan Anda. Kecuali memang keadaannya sangat terpaksa. Hal ini sangat membantu ketika ada tim pencari yang mencoba menemukan lokasi Anda, baik lewat udara maupun darat.
  • Jangan lupa meninggalkan nomor kontak yang bisa menghubungi Anda saat bepergian jauh. Beritahu teman, saudara, atau tetangga bahwa Anda berniat jalan-jalan ke suatu tempat. Dengan demikian, mereka bisa membantu jika ada keadaan darurat.
  • Wajib untuk membawa perlengkapan yang bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan saat berada di suatu tempat. Misalkan kompas, GPS, air, alat pemotong, dan lain-lain.
  • Hampir sama dengan yang di atas, informasikan kapan dan berapa lama Anda akan meninggalkan rumah. Hal ini membantu mereka memantau Anda bila terjadi hal buruk saat di suatu medan.
  • Setiap melewati sebuah tempat yang baru untuk Anda, wajib untuk membawa benda untuk landmark, artinya memberi tanda pada suatu tempat bila nanti Anda ingin kembali supaya tidak tersesat. Kalau tidak memakai landmark, usahakan untuk mengingat selalu apa-apa saja yang telah dilewati.
  • Meskipun Anda yakin dengan kondisi di suatu tempat, sekiranya Anda bisa mengirimkan kabar bila memungkinkan kepada teman atau saudara.
READ:  4 Tujuan Shopping Terbaik di Dunia!

(photo: milaninsingapore.blogspot.com)