Mengenal Overdosis Vitamin

Overdosis VitaminOverdosis Vitamin

Semua orang tahu bahwa vitamin baik untuk kesehatan, tetapi kebanyakan orang lupa bahaya nyata dari overdosis vitamin dan bagaimana mereka secara permanen dapat merusak organ dan tubuh.

Masalah umum yang terkait dengan overdosis vitamin meliputi:

Loading...

• Gagal hati atau masalah hati.
• Gagal ginjal atau masalah ginjal karena tubuh Anda “menyaring” terlalu banyak vitamin dan mineral.
• Osteoporosis
• Muntah
• Dehidrasi
• Dan dalam beberapa kasus, kematian

Berikut adalah beberapa gejala dari overdosis vitamin:

– Overdosis vitamin A: Tinnitus, mual, ketidakteraturan menstruasi, kelelahan, kerusakan hati, muntah, penglihatan kabur, pusing, sakit kepala, insomnia, lekas marah, apatis, pingsan, ruam kulit, diare, rambut rontok, nyeri sendi, pertumbuhan tulang tidak normal, kerusakan pada sistem saraf.

– Overdosis vitamin B6: Sakit kepala, kelelahan, masalah berjalan, depresi, refleks tendon berkurang, mati rasa pada tangan dan kaki, masalah daya ingat.

– Overdosis vitamin C: Batu ginjal, insomnia, sakit kepala, kelelahan.

– Overdosis kalsium: Mengantuk, batu ginjal, endapan kalsium, fungsi saraf tertekan.

READ:  Vitamin D dan Perannya Bagi Kesehatan

– Overdosis kobalt: Kerusakan jantung, gondok.

– Overdosis vitamin D: Hipertensi, ketulian, mual, kelelahan, sakit kepala, kolesterol tinggi, kalsium mengendap, kehilangan nafsu makan, batu ginjal, tulang lemah.

– Overdosis vitamin E: Penyembuhan luka lambat, kelemahan otot, hipertensi, kelelahan berat, emboli paru, nyeri payudara.

– Overdosis besi: Kerusakan jantung, pankreas, hati.

– Overdosis niacin: Hiperglikemia, tukak lambung, asam urat, pingsan, pusing, disfungsi hati, ujung jari kesemutan, aritmia.

– Overdosis selenium: Lekas marah, muntah, mual, kelelahan.

– Overdosis seng: cadel, euforia, kesulitan berjalan, ekspresi wajah tetap, tangan gemetaran.

Kabar baiknya adalah tingkat kematian akibat overdosis vitamin minimal. Bahkan, satu studi menunjukkan bahwa dari 40.000 kejadian paparan overdosis hanya ada 1 kematian dan 8 akibat besar yang merugikan.

Mengkonsumsi lima porsi buah dan sayuran dalam satu hari sering merupakan cara yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin Anda. Bicarakan dengan dokter tentang suplemen yang Anda ambil, termasuk vitamin dan mineral, dan dosisnya juga. Dengan begitu, dokter Anda dapat membantu Anda menjaga dosis dalam kisaran yang aman.

READ:  Vitamin dan Antioksidan untuk Perawatan Kulit

(photo: kleaheypassion.blogspot.com)