Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak

tips tidur nyenyakTidur nyenyak membuat Anda lebih sehat dan produktif

Tidur merupakan salah satu cara tubuh untuk beristirahat setelah lelah seharian beraktivitas. Namun, banyak orang yang meskipun telah tidur berjam–jam, ketika terbangun selalu merasa tidurnya kurang nyenyak atau bahkan susah tidur. Padahal tidur yang nyenyak bisa meningkatkan kualitas tidur sehingga bisa jadi lebih produktif.

Nah, berikut ini akan kami uraikan beberapa tips agar Anda bisa tidur lebih nyenyak dan memperoleh manfaat tidur secara maksimal demi kesehatan Anda.

Loading...

1. Singkirkan Barang Yang Bisa Menimbulkan Bunyi.

Jika rumah atau kamar Anda berdekatan dengan garasi atau bahkan berdekatan dengan jalan besar, tentu ini menjadi salah satu penyebab tidur tidak nyaman, bunyi berisik bisa mengganggu tidur.

Tips: pasanglah musik yang pelan sehingga perhatian Anda bisa teralihkan dan membuat Anda merasa lebih nyaman.

2. Relaksasikan Tubuh.

Merelaksasikan tubuh bisa membuat tidur lebih nyaman sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur dan ketika terbangun esok harinya bisa lebih segar.

Tips: tekuk tangan dan jari kaki. Ulangi sampai tubuh merasa sedikit lemas.

READ:  Definisi Hipersomnia

3. Catat Kegiatan Anda.

Mencatat kegiatan apa yang telah Anda lakukan seharian, berarti memanggil kembali memori yang telah berlalu, nah coba lihat apakah dari serangkaian aktifitas atau rutinitas yang Anda lakukan ada yang salah atau membuat Anda stres? Kalau ada, coba pikirkan solusi apa yang bisa mengurangi stres Anda.

Tips: lakukan hal–hal yang menyenangkan. Contohnya, mandi dengan air hangat sambil mendengarkan musik favorit.

4. Atur Suhu Kamar.

Atur agar suhu kamar tetap dingin. Suhu yang terlalu panas bisa membuat tubuh berkeringat sehingga Anda bisa terbangun karena kepanasan. Hal ini menyebabkan tidur menjadi terganggu. Selain itu, gunakan piyama atau pakaian tidur, selimut serta bantal yang nyaman.

Tips: jika cuaca dingin, pakailah pakaian tidur yang tebal dan nyaman, demikian pula sebaliknya.

5. Relaksasikan Pikiran.

Bayangkan tempat–tempat indah yang ingin Anda kunjungi bersama pasangan untuk berlibur, atau ingat–ingat kejadian hari ini yang menyenangkan. Dengan begitu pikiran Anda jadi lebih tenang, relaks dan tidurpun jadi lebih berkualitas.

READ:  Tips Langsing Dengan Mematikan Lampu Saat Tidur

Tips: tarik napas dalam-dalam dan berpikirlah tentang hal-hal yang menyenangkan.

Selamat mencoba, semoga tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan esok pagi terbangun dengan tubuh yang terasa segar.

(photo: getridofmommytummy.com )