Definisi Makrositosis

test darahTes darah membantu menemukan penyebab makrositosis

Makrositosis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sel darah merah yang lebih besar dari biasanya. Ini biasanya tidak menyebabkan tanda-tanda atau gejala dan biasanya terdeteksi secara kebetulan pada tes darah rutin. Simak artikel berikut untuk mencari tahu penyebab umumnya, dikutip dari mayoclinic.com.

Makrositosis bukanlah penyakit tertentu, tetapi mungkin menunjukkan masalah mendasar yang memerlukan evaluasi medis.

Loading...

Penyebab umum makrositosis meliputi:

– Kekurangan vitamin B-12
– Defisiensi folat
– Penyakit hati
– Alkoholisme
– Hypothyroidism
– Efek samping dari obat tertentu, seperti yang digunakan untuk mengobati kanker, kejang dan gangguan autoimun
– Peningkatan produksi sel darah merah oleh sumsum tulang (regenerasi) untuk mengoreksi anemia, misalnya, setelah kehilangan darah

Jika Anda memiliki makrositosis, tes darah dapat membantu menentukan penyebabnya. Dalam beberapa kasus, mungkin perlu untuk mengambil sampel dari sumsum tulang Anda – jaringan spons dalam tulang Anda – untuk pengujian (biopsi sumsum tulang dan aspirasi).

Pengobatan makrositosis, jika diperlukan, diarahkan pada penyebab yang mendasari. Dalam kasus kekurangan vitamin B-12 atau folat, misalnya, pengobatan dapat mencakup modifikasi diet dan suplemen makanan atau suntikan. Jika makrositosis disebabkan oleh anemia berat, transfusi darah mungkin diperlukan.

READ:  5 Tips Menanam Tumbuhan Herbal Di Taman Rumah

(photo: perthnow.com.au)