Cara Aman Menjaga Barang Berharga Saat Berlibur

Merencanakan liburan selalu menyenangkan. Menentukan tujuan, membuat rencana perjalanan, lama perjalanan, penginapan, hingga ke hal-hal remeh. Terkadang dalam kehebohan membuat rencana perjalanan, Anda melupakan beberapa hal yang harus diantisipasi ketika sedang liburan.

Kami berbagi tips bagaimana menangani bagasi, dokumen perjalanan, uang dan barang berharga lainnya ketika Anda sedang dalam perjalanan atau liburan.

1. Bagasi

Bagasi
Bagasi (photo: abcnews.go.com )

– Bedakan bagasi Anda dari orang lain. Gunakan pita, stiker, dan tag nama warna-warni untuk membuat tas/koper Anda terlihat berbeda. Berilah label pada pada bagasi Anda dengan mencantumkan nama, alamat permanen dan sementara (jika ada).

Loading...

– Membuat daftar inventaris isi bagasi Anda. Lebih bagus lagi jika Anda dapat menyimpan fotonya. Ini akan sangat membantu untuk menyelesaikan klaim jika bagasi Anda tidak tiba di tujuan.

– Jangan pernah menyimpan barang-barang ini dalam bagasi Anda: perhiasan emas dan permata, obat-obatan, kunci, kamera dan barang elektronik lainnya, barang-barang terlarang atau apapun yang tidak bisa Anda ganti.

READ:  Keunikan Berbagai Tradisi Natal di Tanah Air

– Jika bagasi Anda hilang dan tidak ditemukan meskipun Anda sudah menunggu di mesin rotasi koper, jangan panik. Melaporlah ke kantor airlines yang membawa Anda ke tempat tujuan.

2. Dokumen Perjalanan dan kartu-kartu

Paspor
Paspor (photo: greek-cruises.com)

– Jangan lupa untuk memeriksa dokumen perjalanan sebelum Anda bepergian. Apakah paspor masih berlaku dan berapa lama? Apakah nama Anda berubah? Apakah Anda memerlukan visa untuk negara tujuan? Apakah Anda memerlukan vaksinasi?

– Hubungi bank Anda dan perusahaan kartu kredit untuk memberikan informasi ke mana Anda akan bepergian dan sampai kapan. Untuk berjaga-jaga, mintalah nomor darurat yang dapat langsung dihubungi jika Anda kehilangan kartu.

– Pastikan nama yang tertera pada ID dan passpor, sama persis dengan nama yang tertera pada tiket penerbangan Anda.

– Buatlah fotokopi dari paspor, visa dan kartu penting lainnya kemudian simpanlah di tempat terpisah, jangan disatukan dengan dokumen asli. Juga sebaiknya menyimpan salinannya di rumah atau pada seorang teman yang bisa langsung mengirimkan via email/fax jika diperlukan. Akan memudahkan pengurusan jika paspor asli Anda hilang atau dicopet.

READ:  8 Cara Alami Mengatasi Sakit Selama Perjalanan

3. Uang dan barang berharga lainnya

Uang
Uang (photo: fabuloustravelguide.com)

– Jangan menyimpan semua uang Anda di satu tempat, tapi letakkan terpisah-pisah. Simpanlah sebagian di dompet, di saku celana, di saku jaket, atau di tas. Yang terbaik adalah memakai tas pinggang di balik pakaian, lebih aman. Ini untuk menjaga agar Anda tidak kehilangan semuanya ketika seseorang mencopet Anda.

– Jangan terlalu sering mengeluarkan dompet. Inilah pentingnya menyimpan uang di beberapa tempat agar dompet Anda tidak usah dikeluarkan. Anda cukup merogoh kantong tas atau baju jika membutuhkan uang.

– Selalu sediakan uang dengan nominal kecil atau uang receh. Ini berguna ketika Anda akan berbelanja suatu barang dan melakukan tawar menawar. Kan gak enak, udah nawar barang hingga 7 atau 8 ribu rupiah misalnya, dan bayarnya pake uang 100 ribu 😀

– Jika Anda terpaksa bepergian dengan membawa barang berharga atau uang dalam jumlah besar, simpanlah di kotak deposit/penyimpanan hotel untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan simpan di kamar hotel meskipun mungkin pihak hotek menjamin keamanan kamar mereka. Tapi jangan lupa untuk mengambilnya lagi ketika akan check out.

Meskipun sudah dipersiapkan sebaik-baiknya dan dipikirkan solusinya, terkadang apa yang terjadi di lapangan tidaklah sama dengan apa yang sudah direncanakan. Yang terpenting adalah tetap tenang dan jangan panik. Selamat berlibur!