Tips Menghindari Tindakan Pencopetan

pencopetPencopet

Himpitan ekonomi membuat sebagian besar orang mencari uang dengan menghalalkan segala cara. Apapun dilakukan asalkan bisa mendapatkan uang. Intinya adalah bagaimana mencari uang cepat dan banyak. Salah satunya adalah dengan mencuri.

Ya, aktifitas mencuri termasuk dalam salah satu tindak kriminal. Di mana saja bisa terjadi pencurian, di tempat yang ramai apalagi di kota-kota besar. Siapa pun bisa melakukannya, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak sekalipun. Ada yang bergerak secara berkelompok, ada juga yang sendirian.

Loading...

Hal-hal seperti ini memang sangat merugikan. Apalagi bila mengetahui bahwa diri kita sudah kecopetan. Lebih kacaunya lagi kalau semua barang berharga ada dalam tas atau dompet yang dibawa. Bisa pulang jalan kaki tuh nantinya.

Nah, untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut dengan harapan bisa membantu dalam mengatasi keadaan seperti di atas. Kuncinya adalah kewaspadaan. Semoga bisa membantu.

  • Jangan pernah lupa dengan Tuhan Yang Maha Kuasa. Berdoalah selalu setiap kali bepergian, semoga dihindarkan dari segala kejahatan dan malapetaka saat di jalan. Karena hanya dengan kuasa-Nya Anda bisa selamat dari sebuah kejadian yang tidak diinginkan.
  • Menggantung atau menaruh tas di bagian belakang badan membuat kita sering lalai dalam mengawasi barang bawaan. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti posisi barang menjadi di depan. Alhasil bisa dipantau selalu.
  • Perhatikan selalu kondisi saku celana Anda. Jangan sampai ada uang atau barang berharga lainnya yang mengundang perhatian pencopet untuk mengambilnya. Selalu tanggap dalam melihat kondisi badan dan pakaian.
  • Jangan menyimpan semua kartu berharga Anda dalam satu dompet. Bagaimana jika dompet Anda tiba-tiba raib, pusing tujuh keliling pastinya.
  • Anda juga bisa menjahili pencopet dengan dompet kosong, atau handphone mainan, atau yang lainnya. Sedangkan barang berharga Anda disimpan di tempat yang sulit dijangkau.
  • Salah satu kecurangan pencopet adalah dengan menggunakan silet untuk membolongi sesuatu. Hal ini bisa diakali dengan memakai pakaian yang sakunya agak ketat dan tidak mudah robek. Sehingga pencuri agak susah untuk memasukkan tangannya dan meraih barang Anda.
  • Sisihkan sebagian uang Anda di tempat lain andai kata pencopet berhasil mengelabui Anda. Setidaknya masih ada uang tersisa untuk pulang ke rumah.
  • Kebiasaan orang menyimpan barang berharga adalah di kantong celana, saku baju, dompet, dan tas. Hal ini sudah menjadi target utama dari sang pencuri. Bagaimana kalau Anda berpikir untuk menyembunyikan barang berharga Anda di tempat yang tidak terpikirkan oleh pencuri. Misalnya saja sebuah kantong tersembunyi di bagian perut.
  • Jika Anda pernah kecurian, untuk kedua kalinya persulitlah pencuri tersebut dengan memberi pengamanan ekstra pada pakaian Anda.rantai besi untuk dompet misalnya, atau saku celana yang menggunakan risleting atau kancing, bisa juga dengan menaruh barang berharga di pakaian bagian dalam, seperti di kantong jaket sebelah dalam.
  • Dan ingatlah selalu bahwa kewaspadaan adalah yang paling utama. Di tempat manapun itu, entah ramai atau tidak, Anda tetap wajib untuk selalu waspada. Kenali orang-orang di sekitar Anda.
READ:  5 Peran Paling Berkesan dari Robin Williams

 (photo: travelingcanucks.com)