6 Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Mimpi Buruk

insomnia

Mimpi adalah bunga tidur di malam hari. Tapi bagaimana dengan mimpi buruk? Banyak orang sangat takut dengan jenis mimpi seperti ini, yang menyebabkan terbangun di malam hari dan membuat Anda susah untuk tidur kembali. Pasalnya mimpi ini ada yang begitu terasa nyata.

Terkadang orang mengira mimpi buruk sangat susah untuk dihindari karena belum ada yang bisa mengendalikan mimpi. Padahal jika Anda mau, mimpi buruk bisa diminimalkan. Bila mimpi buruk sangat mengganggu tidur Anda, bisa Anda praktekkan tips berikut ini dengan harapan membantu Anda terhindar dari mimpi buruk saat tidur.

1. Jangan Menonton Film Horor Sebelum Tidur

Kebiasaan orang tidur larut malam biasanya diakibatkan oleh aktifitas menonton program acara televisi. Di Indonesia, acara horor dan aneh-aneh banyak ditayangkan pada waktu malam, sehingga orang biasanya menonton acara tersebut dan kemudian terbawa hingga mimpi. Dengan menonton film horor dan acara semacam ini sebelum tidur, hampir dipastikan Anda bisa terbawa mimpi akan apa yang Anda tonton barusan.

2. Jernihkan Pikiran Sebelum Tidur

Banyak masalah dan pengalaman hari ini bisa terbawa sampai mimpi. Apalagi pengalaman buruk, bisa jadi di alam mimpi malah bertambah buruk. Cobalah melepaskan seluruh kegiatan dan beban hidup untuk hari ini. Masih ada hari esok untuk melanjutkannya.

3. Pelajari Mimpi-Mimpi

Anda bermimpi bukan hanya sekedar tidur, bermimpi, lalu bangun lagi. Bila sering mengalami mimpi buruk, cobalah untuk selalu mengingat mimpi-mimpi seperti apa saja itu. Karena jika selalu bermimpi buruk tiap malam, pasti ada sesuatu yang berhubungan di setiap mimpi itu. Setelah itu, temukanlah masalah apa dibaliknya dan cobalah menyelesaikan masalah itu.

4. Rilekskan Badan Sebelum Tidur

Ketegangan sebelum tidur bisa mengakibatkan seseorang mengalami mimpi buruk. Pikiran selalu terkekang oleh sesuatu. Biasakan untuk membuat badan dan pikiran Anda rileks sebelum tidur. Cobalah mandi dengan air hangat atau minum teh sebelum tidur. Bisa juga dengan minum susu atau mengkonsumsi yoghurt. Keduanya mengandung kalsium dan triptophan yang bisa memberikan efek rileks.

5. Hindari Kekenyangan dan Langsung Tidur

Makan malam terlalu banyak bisa membuat perut Anda kembung, hingga berujung pada sakit perut. Konsumsilah makanan secukupnya 3 jam sebelum tidur. Karena bila terlalu kekenyangan, bisa membuat tidur tidak nyaman, hasilnya bisa saja Anda mengalami mimpi buruk.

6. Jauhkan Rokok dan Obat-obatan

Nikotin dan obat-obat lainnya diyakini bisa mengganggu tidur Anda di malam hari. Banyak orang mungkin langsung terlelap setelah mengkonsumsi barang-barang tersebut, tapi dibalik kelelapan itu, mimpi buruk bisa saja terjadi. Parahnya lagi bila ngigau yang berlebihan.

 (photo: twotsi.com)

2 Komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *