Inilah 6 Bahan Makanan Yang Bisa Membantu Membakar Kalori

cabe membakar kaloriCabai, salah satu makanan yang membantu membakar kalori

Makanan memiliki efek termogenik yang bisa membantu tubuh untuk membakar kalori ketika mengunyah atau mencernanya, selain itu mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik juga mampu membuat tubuh bermetabolisme dengan baik.

Nah, berikut kami berikan beberapa jenis bahan makanan yang akan membantu membakar kalori Anda:

1. Biji- Bijian.

Tubuh akan membakar kalori sebanyak 2 kali lipat untuk mencerna atau menghancurkan makanan tersebut (misalnya, makanan yang kaya akan serat, oatmeal yang terbuat dari gandum utuh dan beras merah) dibandingkan dengan makanan olahan.

2. Daging Tanpa Lemak.

Protein memiliki efek termogenik yang tinggi. Anda akan membakar sekitar 30% kalori dari makanan ketika dicerna. Misalnya, dada ayam memilik 300 kalori, jadi Anda akan membakar 90 kalori untuk mencernanya dengan baik.

3. Produk Susu Rendah Lemak.

Produk–produk yang mengandung susu sudah pasti memiliki kandungan kalsium serta vitamin D. Ini akan membantu tubuh dalam membangun massa otot yang berguna untuk mempertahankan metabolisme tubuh yang kuat.

4. Teh Hijau.

Mengkonsumsi 4 cangkir teh hijau dalam satu hari terbukti membantu menurunkan berat badan sampai dengan 6 kilogram selama 8 minggu (dengan pola makan normal, sehat dan teratur). Menurut American Journal of Clinical Nutrition, kandungan EGCG dalam minuman teh hijau mempercepat metabolisme tubuh.

5. Lentil.

Salah satu keluarga kacang yang hampir mirip dengan kacang hijau ini selain enak dijadikan bubur dan dimasak dengan berbagai cara lainnya, ternyata kacang lentil inipun bisa menjadi salah satu makanan yang mampu memenuhi 35% kebutuhan zat besi Anda. Ketika tubuh kekurangan nutrisi, maka proses metabolisme tubuh akan menjadi lebih lambat sehingga tubuh tidak akan bekerja secara efisien untuk membakar lemak, seperti kata Tammy Lakatos Shames RD yang menulis buku The Secret to Skiny.

6. Cabai.

Kandungan capsaicin dalam cabai ternyata mampu membuat tubuh terasa panas, yang juga bisa membantu membakar kalori.

(photo: wellsphere.com)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *