Buah dan Minyak Terbaik Untuk Kilau Rambut Sehat

Rambut panjang mengkilap merupakan impian banyak wanita. Beberapa kemudian menghabiskan banyak biaya untuk pergi ke salon perawatan rambut atau membeli produk perawatan rambut yang mahal.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya apa yang Anda konsumsi akan mempengaruhi rambut dan memberi kilau pada rambut Anda? Sebuah diet yang seimbang dengan makanan super seperti buah-buahan dan minyak akan merawat rambut Anda dari dalam dan memberikan kilau pada rambut sehat Anda.

Ini dia minyak dan buah yang akan memberi kilau pada rambut sehat Anda.

Loading...

1. Minyak

Asam lemak omega-3
Sumber asam lemak omega-3 (photo: bodyconfidential.co.uk )

Asam lemak omega-3 dalam telur, kenari, dan ikan berlemak seperti salmon membantu membuat rambut mengkilap. Minyak ini juga dapat diperoleh melalui minyak sayur atau minyak biji rami, akan tetapi sumber terbaik tetap dalam minyak ikan dan telur. Selain itu, protein yang terkandung dalam makanan ini akan membantu rambut tumbuh sehat dan kuat, dengan bonus tambahan vitamin B12 dan biotin yang bagus untuk kesehatan kulit dan kuku.

READ:  Tutorial Tata Rias Mata untuk Mata Lebar

2. Alpukat

alpukat
Buah alpukat (photo: splendidtable.org )

Dalam buah alpukat terkandung vitamin E dalam jumlah tinggi. Anda dapat mengkonsumsi alpukat berukuran sedang untuk memenuhi asupan harian vitamin E Anda. Jika Anda sedang tidak ingin mengkonsumsi alpukat, cobalah membuat masker alpukat. Caranya: campurkan 1 buah alpukat matang dengan 2 sdm yoghurt, 1 telur mentah, setengah sendok teh minyak rosemary dan 1 sendok teh minyak jojoba. Oleskan pada kulit kepala dan rambut kemudian diamkan selama 20 menit. Keramaslah seperti biasa. Vitamen E membantu menjaga warna rambut Anda dan mencegah rambut bercabang.

3. Minyak kelapa

minyak kelapa
Minyak kelapa (photo: news.com.au)

Rantai asam lemak dalam minyak kelapa digunakan secara berbeda oleh tubuh Anda dibandingkan lemak jenuh lainnya. Manfaat tambahan dari minyak kelapa adalah kemampuannya untuk membuat rambut Anda menjadi lebih berkilau dan sehat. Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk memasak ayam dan ikan atau menambahkannnya ke dalam smoothie, Anda bahkan dapat langsung mengoleskannya pada rambut sebagai masker. Gosokka ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit, kemudian cucilah seperti biasa. Anti jamur minyak kelapa akan membantu melindungi dan mengobati ketombe dan masalah kulit kepala lainnya.

READ:  Ingin Rambut Sehat? Konsumsi 5 Vitamin Ini

4. Buah Tinggi Vitamin C

Buah Tinggi Vitamin C
Buah sumber Vitamin C (photo: knightscientific.com )

Buah-buahan yang merupakan sumber vitamin C seperti jeruk, peach, nanas, stoberi dan kiwi, akan membantu menjaga kesehatan rambut. Diet ketat yang membuat Anda kekurangan vitamin C akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Antioksidan dalam buah ini juga melawan kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas dan melindungi rambut Anda dari polutan. Pastikan untuk makan buah-buahan tinggi vitamin C. Anda juga dapat menerapkan jus buah-buahan langsung ke rambut dengan mencampurnya ke dalam shampo. Gunakan jus buah persik, stroberi atau kiwi, atau bahkan campuran dari ketiganya, tambahkan ke shampo dan gunakan seperti biasa. Tapi jangan lupa, buatlah dalam porsi kecil untuk sekali pakai.