10 Tips Agar Baju Kaos Kesayangan Tetap Awet

kaos perempuanBagaimana agar kaos kesayangan tetap awet?

Mungkin hampir semua orang setuju jika baju kaos dikatakan sebagai pakaian yang simple. Baju yang terbuat dari kain katun ini sangat digemari karena selain dapat menyerap keringat, biasanya motif-motif yang terdapat pada baju tersebut sangat menarik. Namun, terkadang baju kaos itu sangat mudah kusam sehingga tidak nyaman untuk digunakan.

Berikut dipaparkan di bawah ini tips-tips agar baju kaos Anda bisa bertahan lama.

Loading...

1. Waktu Merendam

Saat mencuci baju kaos, usahakan jangan terlalu lama. Jangan lebih sejam untuk baju kaos yang sudah lama dan jangan kurang dari tiga puluh menit untuk baju kaos baru. Jika perendaman yang dilakukan lebih dari waktu tersebut, maka lama kelamaan sablonan pada kaos Anda rusak akibat deterjen yang digunakan dalam air rendaman.

2. Pisahkan

Sebelum direndam ada baiknya Anda memisahkan baju kaos yang berwarna dengan baju kaos berwarna putih. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan terjadinya luntur.

3. Hindari Menyikat

Ketika mencuci baju kaos, jangan pernah menggunakan sikat untuk menghilangkan kotoran. Cukup dengan mengucek, maka kotoran pada baju akan hilang. Proses penyikatan pada baju kaos akan merusak sablon pada baju dan membuat baju jadi berbulu/bulukan. Selain itu, hindari juga mengucek dan memeras baju terlalu kuat karena akan mengakibatkan pori-pori pada baju Anda akan rusak.

READ:  Tips Memilih Sanggul yang Tepat untuk Wisuda

4. Penggunaan Pemutih

Penggunaan pemutih ternyata tidak baik untuk baju kaos. Kandungan zat kimia yang sangat kuat pada pemutih dapat mengakibatkan sablonan pada baju Anda terkelupas dan luntur. Selain itu, baju kaos Anda akan terasa kasar dan tipis akibat kandungan zat kimia pemutih yang bersifat merusak.

5. Sebisa mungkin, hindari mesin cuci

Mencuci dengan mesin cuci memang memudahkan Anda. Tapi ini tidak berlaku pada baju kaos Anda. Mencuci baju kaos dengan mesin cuci akan membuat baju Anda bisa melar dan tidak nyaman digunakan.

6. Menghilangkan noda

Segerahlah mencuci baju kaos Anda dengan detergen jika terkena noda. Oleskan detergen pada bagian baju yang terkena noda kemudian kucek dengan lembut lalu bilas hingga bersih.

7. Penjemuran

Setelah dicuci, jemurlah baju Anda secara terbalik. Hal ini bertujuan untuk menghindari pudarnya warna dan sablonan baju Anda akibat sinar matahari.

8. Hindari gantungan

Gantungan (hanger) dapat membuat bagian leher baju kaos Anda akan melar akibat banyaknya beban air yang terdapat pada baju.

READ:  Yuk, Buat Sendiri Eyeshadow Anda!

9. Penggunaan seterika

Setelah dicuci dan dijemur, segeralah untuk menyetrika baju Anda. Sebelum diseterika, pastikan baju Anda benar-benar kering. Saat Anda menyetrika baju, seterikalah bagian dalam baju agar sablon pada baju tidak rusak akibat panas dari strika.

10. Hindari penggunaan saat tidur

Tidak semua baju kaos dapat digunakan untuk tidur. Penggunaan baju kaos saat tidur dapat membuat melar bagian leher baju dan mengumpulkan kotoran akibat keringat. Ada baiknya Anda memisahkan baju kaos buat tidur dan untuk bepergian.

(photo: treehugger.com)