Bagaimana Cara Meningkatkan Kesehatan Tulang?

fakta tulang sehatJagalah agar tulang kuat dan sehat

Tulang secara harfiah merupakan sistem pendukung tubuh, jadi sangat penting untuk menjaganya tetap kuat dan sehat. Beberapa orang memiliki banyak tabungan dalam “bank tulang” mereka karena beberapa faktor termasuk genetika, diet dan berapa banyak tulang yang mereka bangun saat remaja.

Fakta Tentang Kesehatan Tulang

– Massa tulang puncak. Titik di mana tulang kita berada pada kepadatan tertinggi – dicapai saat berusia 20-an tahun, dan hampir 40 persen dari massa tulang puncak yang diperoleh selama masa pubertas. Inilah sebabnya mengapa kalsium yang cukup sangat penting untuk anak-anak dan remaja.
– Orang dewasa umumnya membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari untuk mempertahankan kekuatan tulang mereka.
– Seiring dengan bertambahnya usia, keefektifan tubuh kita dalam menyerap kalsium semakin menurun – lebih banyak yang hilang melalui ginjal. Karena itu, pria maupun wanita, perlu peningkatan asupan kalsium di kemudian hari – hingga lebih dari 1.300 mg per hari.

Loading...

Cara Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bagaimana Anda bisa meningkatkan kesehatan tulang Anda? Olahraga dan gizi adalah kunci untuk menjaga kesehatan tulang.

READ:  Manfaat ASI Ekslusif Bagi Kesehatan Bayi

Kecukupan asupan kalsium, bersama-sama dengan kadar normal vitamin D (yang membantu tubuh menyerap kalsium) sangat penting untuk menjaga tulang yang kuat.

Sumber kalsium yang baik meliputi: susu, yogurt, keju (pilihan rendah lemak mengandung kadar kalsium yang sama), salmon dan sardin kaleng, tahu, brokoli, almond, buah ara kering dan aprikot kering.

Aktivitas fisik dan olahraga secara teratur memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Jogging, berjalan, atau mendaki tangga tiga kali per minggu dapat membantu kita mencapai massa tulang yang lebih tinggi, dan memperlambat degenerasi.

(photo: mybodyhealth.net)