Tips Merawat Gitar Akustik

merawat gitar akustikBagaimana perawatan gitar akustik?

Gitar akustik merupakan salah satu alat musik yang cukup banyak orang gunakan, baik itu saat santai bersama teman atau saat acara resmi. Selain itu, gitar akustik juga mudah untuk dibawa kemana-mana. Tapi gitar akustik juga termasuk salah satu alat musik yang sangat sensitif. Sedikit saja terkena debu, maka akan berpegaruh terhadap suara petikan gitar. Selain itu, jangan pernah menggunakan gitar akustik saat tangan basah atau berkeringat, karena dapat merusak senar dan mempengaruhi suara gitar.

Berikut di bawah ini akan dipaparkan berbagai tips cara merawat gitar akustik:

Loading...

1. Membersihkan Senar

Berilah perhatian khusus pada bagian terpenting ini. Bagian yang menghasilkan bunyi pada gitar ini sebaiknya dibersihkan minimal seminggu sekali. Gunakanlah cairan pembersih senar gitar atau minyak kayu putih agar senar gitar Anda tidak mudah berkarat.

2. Longgarkan Senar

Setelah Anda menggunakan gitar akustik, ada baiknya Anda melonggarkan atau mengendorkan senarnya. Hal ini bertujuan agar body gitar tidak melengkung.

READ:  10 Kemampuan Anak Indigo

3. Bersihkan Body

Selain senar, body gitar juga wajib dibersihkan. Cukup bersihkan body gitar dengan lap kering. Hal ini bertujuan agar kualitas gitar Anda makin baik dan indah dipandang.

4. Ganti Senar

Jika senar gitar Anda sudah berkarat, segeralah menggantinya dengan yang baru. Tujuannya agar kualitas suara yang dihasilkan gitar makin baik. Selain itu, usahakan ganti senar satu set langsung agar pada saat dipetik, suara yang dihasilkan tidak berantakan.

5. Penyimpanan

Setelah menggunakan gitar, simpanlah pada tempat datar dengan posisi senar tidak menyentuh permukaan. Namun, jika Anda memiliki tas gitar sebaiknya simpanlah pada tasnya agar gitar Anda juga terhindar dari debu.

Nah dengan demikian gitar Anda tidak mudah rusak dan suara yang dihasilkan juga tetap indah. Semoga bermanfaat.

(photo: wallsave.com )