4 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat minum air putihApa saja manfaat air putih?

Air putih merupakan cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena 80% tubuh manusia terdiri atas air dan bahkan bagian otak manusia terdiri dari 90% air. Bahkan darah manusia pun mengandung 95% komponen air.

Banyak di antara kita yang belum menyadari akan pentingnya air putih bagi tubuh. Ketika haus barulah bergegas minum air, padahal haus adalah sinyal bahwa tubuh sudah mengalami gejala dehidrasi. Nah, apa saja manfaat minum air putih?

Loading...

1. Pengganti Cairan Hilang

Manfaat air putih bagi tubuh manusia yaitu sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Cairan tubuh yang hilang itu berasal dari air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi individu. Rutin minum air putih setiap hari juga dapat membantu kita terhindar dari penyakit maag dan sembelit, serta memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, batu ginjal, dan liver.

2. Membuat Kulit Lembab

Kebanyakan kosmetik mengandung air lebih dari 50%. Jadi, jika Anda rutin membasuh wajah dengan air dan minum air putih, dapat membuat wajah sehat cantik alami karena terjaga kelembabannya. Dengan demikian, walau tanpa kosmetik, wajah Anda terlihat segar dan cantik.

READ:  Ini Dia 7 Manfaat Mengagumkan dari Air Hangat

3. Menghindari Dehidrasi

Para ahli menganjurkan kita untuk mengkonsumsi dua liter atau setara dengan 8 gelas air sehari. Jika jumlah tersebut tidak terpenuhi, maka kita akan terkena dehidrasi. Dehidrasi akan menyebabkan Anda susah konsentrasi, berkunang-kunang, gampang merasa lelah, lemas dan migrain.

4. Membersihkan Racun Tubuh

Mengkonsumsi air putih secara teratur akan mengaktifkan fungsi ginjal dan membuang racun dalam tubuh melalui urin. Selain itu, sistem pencernaan akan dibersihkan dari racun dan sisa-sisa makanan yang menempel pada usus.

Begitu pentingnya air putih sehingga kita dianjurkan untuk mengkonsumsinya dua liter setiap hari. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi air secara berlebihan karena dapat membuat perut menjadi kembung.

(photo: drweilblog.com )