Penyebab Cegukan dan Cara Menghilangkannya

tips cegukanCegukan

Pernahkah Anda mengalami cegukan? Semua orang di seluruh dunia ini pernah merasakan cegukan dan biasanya orang-orang merasa terganggu akan hal tersebut. Proses terjadinya cegukan itu sendiri karena otot diafragma yang bergerak akibat menerima perintah atau rangsangan dari makanan tertentu.

Otot diagfragma terletak antara rongga dada dan rongga perut. Otot diafragma ini juga bergerak berdasarkan perintah saraf tidak sadar. Ketika otot diafragma tadi menerima rangsangan yang dikaibatkan temperatur dan makanan tertentu, maka otot tersebut akan mengkerut sehingga meneyebabkan pipa suara tertutup dan terjadilah cegukan.

Loading...

Cegukan umumnya dapat terjadi pada beberapa situasi, seperti: makan terburu-buru, minum air dingin setelah mengonsumsi makanan yang panas, makan makanan yang terlalu panas atau pedas, tertawa, batuk terlalu keras, minum minuman beralkohol secara berlebihan, atau terjadi ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Sebagian besar cegukan tidak berbahaya bagi tubuh, namun hal ini biasanya sedikit mengganggu Anda dalam menjalani aktifitas. Pada umumnya cegukan dapat hilang dengan sendirinya atau harus menggunakan cara-cara tertentu, seperti menahan nafas.

READ:  Kontroversi Tembaga dan Alzheimer

Menahan nafas bertujuan agar kadar karbondioksida dalam darah meningkat sehingga akan menghilangkan cegukan. Selain itu Anda juga bisa mencoba minum air dingin, makan roti kering atau es batu serut, menarik lidah, atau menggosok bola mata secara perlahan.

(photo: naturalremedies.org)