5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengadopsi Anak

Tips adopsi anakAdopsi anak

Apakah Anda berencana mengadopsi seorang anak? Jika ya,  maka ada beberapa poin penting yang perlu Anda pertimbangkan masak-masak untuk menghindari terjadinya situasi yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk mengadopsi seorang anak.

Loading...

1. Dukungan Dari Anggota Keluarga

Dukungan keluarga sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengadopsi seorang anak. Meskipun Anda dan pasangan sudah siap untuk mengadopsi, diperlukan juga persetujuan dari anggota keluarga lainnya yang bersedia untuk menerima. Jika nantinya ada perselisihan antara anggota keluarga mengenai hal ini maka secara tidak langsung akan mempengaruhi anak.

2. Buat Keputusan Yang Tepat

Anda harus benar-benar yakin dengan keputusan yang Anda ambil jika ingin mengadopsi seorang anak. Jangan mengambil keputusan dengan berdasarkan emosi sesaat . Salah satu dari Anda harus siap memenuhi tanggung jawab dalam segala hal, memberikan kasih sayang, waktu serta kesabaran dalam mengurus anak adopsi Anda.

3. Latar Belakang Anak Yang Akan Diadopsi

Seperti yang kita ketahui, dalam mengadopsi anak, latar belakang sangat penting terutama yang berkaitan dengan kesehatan ataupun masalah emosional dan psikologi anak tersebut . Hal ini nantinya akan mempengaruhi hubungan Anda dan hubungan antara anak Anda. Jika nantinya Anda menyesali keputusan yang Anda ambil, hal ini dapat memepengaruhi anak tersebut.

READ:  Mengenali Karakteristik dan Perilaku Pedofil

4. Persiapkan Diri Untuk Menjadi Orang Tua Angkat

Sebelum mengadopsi, salah satu hal yang harus disadari oleh orang tua bahwa pengasuhan yang nantinya akan Anda lakukan berbeda dengan mengasuh anak kandung Anda. Satu hal yang harus Anda persiapkan adalah bagaimana dan kapan Anda harus memberitahu bahwa dia adalah anak adopsi dan menjelaskan tentang isu–isu yang mungkin saja tersebar tentang statusnya. Oleh karena itu Anda harus memiliki keberanian.

5. Konsultasi Dengan Pengacara Dan Lembaga

Sebagai orang tua Anda akan membuat perubahan besar dalam keluarga Anda karena menambahkan Anggota keluarga baru. Akan sangat menyedihkan nantinya jika suatu saat orang tuan kandung dari anak tersebut datang. Jadi Anda harus memastikan bahwa lembaga atau yayasan tempat Anda mengadopsi anak sudah memberikan semua informasi yang Anda butuhkan.

(photo: reeceadoption.com)