Tips Atasi Masalah Klakson Motor yang Mulai Membisu

klakson motorKlakson motor

Klakson pada motor berfungsi untuk memberi tanda. Meskipun tidak terlalu berpengaruh saat berkendara, tapi keberadaannya ternyata sangat vital. Saat di jalan, terkadang orang hanya peduli dengan dirinya sendiri tanpa menghiraukan pengendara lain yang ada di sampingnya atau dibelakang. Semua mau menang sendiri.

Sangat menjengkelkan bila ingin mengejar waktu di jalan yang agak macet dengan mengendarai motor tanpa klakson. Ingin meminta ruang sedikit agar bisa lewat, ternyata tidak bisa karena tidak ada klakson untuk memberi tanda kepada pengendara lain.

Nah, untuk Anda yang mengalami masalah dengan klakson di motor Anda, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki klakson motor Anda. Dan tentunya bisa dilakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan uang untuk pergi ke bengkel.

Semprotkan Cairan Anti Karat

Korosi pada besi atau kawat motor mengakibatkan aliran listrik tidak bisa dihantarkan dengan sempurna. Pada tuas tombol klakson motor pun bisa terjadi hal demikian. Solusinya, semprotkan dengan cairan anti karat. Setelah itu mainkan tombolnya supaya cairannya bisa meresap ke dalam dan membersihkan bagian dalamnya.

Periksa Soket Sambungan Kabel

Bila cara pertama di atas tetap tidak bisa membuat klakson motor Anda berteriak, maka cara kedua bisa dilakukan dengan memeriksa sambungan soket pada jaringan kabelnya. Mungkin saja ada bagian yang putus. Dan untuk mengetahui apakah sambungannya baik adalah dengan menggunakan alat test-pen untuk mengetahui adakah arus listrik di dalamnya atau tidak. Cek juga sistem listrik pada motor Anda, bisa saja tidak ada listrik dari aki sehingga daya untuk membunyikan klakson tidak ada.

Bersihkan Soket Bodi Klakson

Jika dua hal di atas tetap tidak bekerja, langkah lain yang bisa diupayakan adalah dengan membersihkan soket yang ada pada bodi klakson. Letaknya di bagian belakang bodi klakson itu sendiri. Cara membersihkannya adalah dengan menggosokkan ampelas khusus untuk besi. Perlu diperhatikan bahwa yang digunakan bukan sembarang amplas. Amplas yang dipakai adalah jenis yang paling halus. Hal ini dilakukan agar lapisan besi bisa berfungsi dengan baik. Karena biasanya soket ini telah diselimuti oleh karat.

 (photo: marcek20.ovh.org)

Topik Terkait: , , , ,
0 comments