Cara Mendeteksi Tingkat Keamanan PC Anda dengan OPSWAT Security Score

OPSWAT Security Score  Grafik yang ditampilkan OPSWAT Security Score 

Komputer adalah alat digital yang sangat membantu pekerjaan untuk sekarang ini. Berbagai macam data bisa disimpan dalam sebuah komputer. Saking banyaknya pengguna komputer, oknum tidak bertanggungjawab kemudian melakukan segala macam cara untuk bisa membobol sebuah komputer.

Keamanan komputer adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Sebut saja virus yang masuk melalui berbagai cara seperti dari koneksi internet atau lewat colokan removable disk. Bisa saja file-file penting jadi rusak atau hilang dan tidak bisa dikembalikan.

Loading...

Pada komputer khususnya berbasis Windows, ketika antivirus tidak aktif dan firewall juga tidak aktif, maka sistem akan memberitahukan kondisi kritis dari keamanan sistem. Tapi kendalanya, banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengetahui tingkat atau kondisi keamanan komputernya.

Untungnya ada banyak aplikasi yang beredar dan bisa membantu mengetahui kondisi dari sistem komputer kita. Salah satunya adalah OPSWAT Security Score. Aplikasi ini dirancang untuk memeriksa seperti apa kondisi dan tingkat keamanan dalam komputer. Hasilnya, OPSWAT Security Score ini bisa merepresentasikan tingkat keamanan komputer kita.

READ:  Awas, Jangan Taruh Ponsel di 7 Tempat Ini

Anda tidak perlu repot dengan aplikasi ini, karena tidak perlu diinstal. Langsung dijalankan saja. Selain itu, beberapa item juga akan ditampilkan seperti:

  • Apakah sistem Firewall Anda sudah berfungsi dengan baik atau tidak
  • Melaporkan sistem enkripsi tempat penyimpanan data Anda
  • Laporan akan Automatic Update aktif atau tidak
  • Memeriksa sistem backup dan restore dari sistem
  • Melaporkan tentang software antiphishing
  • Mengecek apakah komputer Anda sudah dilengkapi antivirus atau belum
  • Dan terakhir adalah memeriksa sistem pada public file sharing

Aplikasi ini bisa menampilkan detail kondisi keamanan komputer dan memberikan rekomendasi akan apa yang bisa dilakukan. Hasilnya nanti akan terlihat dalam bentuk grafik. Kesempurnaan pasti belum sepenuhnya bisa ditangani menggunakan aplikasi ini. Tapi setidaknya Anda bisa mendapatkan gambaran umum kondisi komputer Anda.

 (photo: softhoy.com )