Tips Menghemat Baterai Smartphone

tips menghemat baterai smartphoneBagaimana cara agar baterai smartphone tidak boros dan tidak cepat lowbat?

Dulu, orang-orang menggunakan ponsel hanya untuk menelepon dan mengirim serta menerima pesan singkat. Seiring perkembangan teknologi, kini ponsel biasa berubah menjadi smartphone alias ponsel pintar. Bahkan saat ini, smartphone sendiri telah banyak dibuat dan dijual dengan harga yang murah, sehingga semakin banyak orang yang memanfaatkannya.

Aplikasi-aplikasi bermanfaat dalam smartphone ini banyak menunjang aktivitas sehari-hari, sehingga menjadikannya vital. Sebagian orang di dunia bahkan lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone. Namun, sayangnya semakin banyak aplikasi yang terinstal, akan membuat baterai smartphone boros dan cepat habis.

Loading...

Berikut beberapa tips menghemat pemakaian baterai smartphone:

Kurangi brightness (tingkat pencahayaan) layar smartphone

Smartphone baru, biasanya disetel dengan tingkat pencahayaan yang tinggi. Dengan mengurangi tingkat pencahayaan tersebut, selain menghemat baterai, mata Anda juga tidak akan cepat rusak.

Nonaktifkan fasilitas GPS

Jika tidak diperlukan, sebaiknya tidak mengaktifkan fasilitas GPS. GPS memang penting, untuk mengetahui posisi pengguna smartphone dan sekelilingnya. Namun, GPS ini sangat menguras baterai, jadi sebaiknya tidak diaktifkan jika sedang tidak dibutuhkan.

READ:  7 Tips Memilih dan Membeli Power Bank Untuk Gadget

Hindari wallpaper dinamis

Wallpaper dengan gambar yang seolah-olah hidup dan bergerak memang sangat memanjakan mata. Wallpaper ini kita kenal dengan live wallpaper. Namun, perlu Anda ketahui bahwa wallpaper ini sangat menyedot daya baterai smartphone, sehingga ada baiknya Anda menggunakan wallpaper statis saja.

Mengunci layar

Maksud dari mengunci layar smartphone adalah selain alasan keamanan (data tidak diotak atik oleh pihak yang iseng), hal ini juga membuat baterai smartphone semakin hemat. Alasannya, karena lampu smartphone tidak akan menyala selama smartphone tidak digunakan. Jika Anda termasuk orang yang suka lupa mengunci layar smartphone, sebaiknya Anda menyetel layar smartphone terkunci otomatis.

(photo: money.cnn.com)