Apa itu Anomali Ebstein?

ebstein anomaliPerbedaan jantung normal dan jantung anomali ebstein

Anomali Ebstein adalah cacat jantung langka yang hadir pada saat lahir (kongenital). Dalam Anomali Ebstein, katup trikuspid Anda – katup antara ruang di sisi kanan jantung – tidak bekerja dengan benar. Kebocoran darah kembali melalui katup, membuat jantung Anda bekerja kurang efisien. Anomali Ebstein juga dapat menyebabkan pembesaran jantung atau gagal jantung.

Anomali Ebstein terjadi saat bayi berkembang di dalam rahim. Penyebab pastinya belum diketahui, meskipun penggunaan obat-obatan tertentu (seperti lithium atau benzodiazepin) selama kehamilan mungkin memainkan peran.

Loading...

Tanda-Tanda dan Gejala Anomali Ebstein

Gejala berkisar dari ringan sampai sangat parah. Seringkali, gejala berkembang segera setelah lahir dan termasuk warna kebiruan pada bibir dan kuku karena kadar oksigen darah yang rendah. Dalam kasus yang parah, bayi tampak sangat sakit dan mengalami kesulitan bernapas. Bentuk ringan dari Anomali Ebstein mungkin tidak menimbulkan gejala sampai nanti di masa dewasa.

Gejala pada anak yang lebih tua mungkin termasuk:

READ:  Gejala Serangan Jantung pada Wanita

– Batuk
– Gagal tumbuh
– Kelelahan
– Bernapas cepat
– Sesak napas
– Detak jantung sangat cepat

Secara umum, semakin awal gejala berkembang, semakin parah penyakit yang diderita.

Pengobatan Anomali Ebstein

Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan cacat dan gejala spesifik. Perawatan medis mungkin termasuk:

– Obat untuk membantu gagal jantung
– Oksigen dan dukungan pernapasan lainnya
– Operasi untuk memperbaiki katup mungkin diperlukan untuk anak-anak yang kondisinya terus memburuk atau yang memiliki komplikasi yang lebih serius

Kondisi jantung lainnya dapat dikaitkan dengan Anomali Ebstein:

– Cacat septum atrium.
Sekitar separuh orang dengan anomali Ebstein memiliki lubang antara dua kamar atas jantung disebut defek septum atrium (ASD). Lubang ini memungkinkan darah terdeoksigenasi di atrium kanan untuk bercampur dengan darah yang mengandung oksigen di atrium kiri, mengurangi jumlah oksigen yang tersedia dalam darah Anda. Hal ini menyebabkan perubahan warna kebiruan pada bibir dan kulit (sianosis).

– Aritmia (detak jantung tidak normal).
Beberapa orang dengan anomali Ebstein memiliki irama jantung yang abnormal (aritmia) ditandai dengan denyut jantung yang cepat (tachycardia).

READ:  Laser Hair Removal dan Manfaatnya

– Sindrom Wolff-Parkinson-White (WPW).
Beberapa orang dengan anomali Ebstein juga mungkin memiliki kondisi yang dikenal sebagai Sindrom Wolff-Parkinson-White – sebuah jalur listrik abnormal pada jantung. Kehadiran sindrom WPW dapat menyebabkan denyut jantung sangat cepat dan pingsan.

(photo: my.clevelandclinic.org)