Apa Itu Dermabrasi dan Mikrodermabrasi

DermabrasiDermabrasi untuk perawatan kulit

Dengan dermabrasi, dokter kulit atau ahli bedah plastik memberikan “pasir” pada kulit Anda dengan alat khusus. Prosedur ini membuat jalan bagi lapisan kulit baru dan halus untuk menggantikan kulit yang sudah dirawat. Mikrodermabrasi menggunakan kristal eksfoliasi kecil yang disemprotkan pada kulit. Ia bekerja lebih baik pada masalah seperti kulit kusam, bintik-bintik coklat, dan bintik-bintik usia.

Kenali keduanya lebih jauh yuk, dirangkum dari medicinenet.com.

Loading...

Kapan Dermabrasi atau Mikrodermabrasi Digunakan?

Dermabrasi dikembangkan untuk memperbaiki bekas jerawat, bekas cacar, dan bekas luka dari kecelakaan atau penyakit. Ia tidak efektif dalam mengobati cacat kulit bawaan, tahi lalat, tanda lahir berpigmen, atau bekas luka akibat luka bakar.

Dermabrasi umumnya hanya aman untuk orang dengan kulit yang terang. Untuk orang dengan warna kulit lebih gelap, dermabrasi dapat mengakibatkan jaringan parut atau perubahan warna.

Mikrodermabrasi bekerja pada semua jenis dan warna kulit. Ia membuat perubahan halus, tidak menyebabkan adanya perubahan warna kulit atau jaringan parut. Ia tidak efektif untuk masalah yang lebih dalam seperti bekas luka, stretch mark, keriput, atau bekas jerawat yang dalam.

READ:  6 Cara Mengurangi Risiko Diabetes

Dengan microdermabrasi, memerlukan waktu dibandingkan dengan dermabrasi. Kulit merah tetapi sepenuhnya pulih dalam waktu 24 jam. Ini merupakan prosedur non-surgical. Tidak ada anestesi yang digunakan. Ia ideal bagi orang-orang yang tidak bisa mengambil cuti dari aktivitas kerja atau sosial untuk penyembuhan.

Bagaimana Dermabrasi dan Mikrodermabrasi Bekerja?

Dalam dermabrasi, Anda mungkin mendapatkan obat untuk bersantai sebelum prosedur dimulai. Kulit Anda akan benar-benar dibersihkan, dan Anda akan disuntikkan dengan obat mati rasa untuk membius area yang akan diobati.

Dokter akan menggunakan alat berkecepatan tinggi dengan roda atau sikat abrasif untuk menghilangkan lapisan luar kulit Anda dan memperbaiki permukaan kulit Anda.

Dalam microdermabrasi, kristal kecil yang disemprotkan ke kulit dengan lembut menghilangkan lapisan luar kulit Anda. Teknik ini kurang agresif dibandingkan dermabrasi, sehingga Anda tidak memerlukan obat mati rasa. Hal ini pada dasarnya merupakan prosedur pengelupasan dan peremajaan kulit yang membuat kulit tampak lebih lembut dan cerah.

Sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur dermabrasi atau mikrodermabrasi, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli kecantikan Anda.

READ:  Tips Alami Mencegah Penuaan pada Pria

(photo: premier-dermatology.com)