Hipotiroid Selama Kehamilan

Tes tiroid untuk wanita hamilHipotiroid selama kehamilan

Penyakit tiroid sangat umum pada wanita usia subur. Akibatnya, tidak mengherankan bahwa penyakit tiroid dapat mempersulit jalannya kehamilan. Diperkirakan 2,5% dari semua wanita hamil memiliki beberapa derajat hipotiroidisme. Gangguan tiroid selama kehamilan dapat mempengaruhi ibu dan bayi.

Tiroid adalah kelenjar dengan berat sekitar 15 gram yang terletak di bagian depan leher tepat di bawah jakun (kartilago krikoid). Kelenjar tiroid bertanggung jawab untuk produksi hormon tiroid. Tiroid merespon sinyal hormon dari otak untuk mempertahankan tingkat konstan hormon tiroid. Sinyal hormon dikirim oleh daerah khusus di otak (hipotalamus dan hipofisis), akhirnya mengirimkan thyroid stimulating hormone (TSH) yang mempromosikan produksi hormon tiroid oleh kelenjar tiroid.

Loading...

Penyakit tiroid sebenarnya sangat umum terjadi. Dalam beberapa kondisi, tiroid mungkin memproduksi terlalu banyak hormon. Dalam kondisi lain, tiroid mungkin rusak atau hancur dan hormon tiroid yang diproduksi sedikit. Hormon tiroid utama disebut tiroksin, atau T4.

Bagaimana kehamilan mempengaruhi fungsi tiroid?

Dua hormon berhubungan dengan kehamilan hormon – human chorionic gonadotropin (hCG) dan estrogen – menyebabkan peningkatan kadar hormon tiroid dalam darah. Dibuat oleh plasenta, hCG mirip dengan TSH dan sedikit merangsang tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid lebih banyak. Peningkatan estrogen menghasilkan kadar globulin pengikat tiroid yang lebih tinggi, juga dikenal sebagai globulin pengikat tiroksin, protein yang mengangkut hormon tiroid dalam darah.

READ:  Manfaat dan Efek Samping Mandi Sauna

Perubahan hormonal yang normal terkadang bisa membuat tes fungsi tiroid selama kehamilan sulit diinterpretasikan.

Hormon tiroid sangat penting untuk perkembangan normal dari otak dan sistem saraf bayi. Selama trimester pertama, janin tergantung pada pasokan hormon tiroid dari ibu, yang datang melalui plasenta. Pada usia sekitar 12 minggu, tiroid bayi mulai berfungsi sendiri.

Masalah tiroid bisa sulit untuk didiagnosis pada kehamilan karena tingkat tinggi dari hormon tiroid dalam darah, meningkatkan ukuran tiroid, kelelahan, dan gejala lain yang umum untuk kehamilan dan gangguan tiroid.

Apa konsekuensi dari hipotiroid selama kehamilan?

Melalui penelitian, dokter mengetahui bahwa ada kaitan antara ibu dengan hipotiroid selama kehamilan dan penundaan perkembangan pada anak-anak mereka setelah lahir. Hal ini terutama terlihat pada ibu yang kekurangan yodium, di mana yodium diperlukan untuk menghasilkan hormon tiroid dan sekarang menjadi komponen umum dari garam dalam makanan kita dan juga diamati pada ibu dengan penyakit tiroid autoimun.

Ada hubungan antara tingkat tiroid pada ibu dan perkembangan otak anaknya. Sebuah studi besar yang dilaporkan pada tahun 1999 menemukan bahwa hipotiroid yang terdeteksi atau tidak diobati pada ibu dikaitkan dengan perubahan IQ pada bayi.

READ:  Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Hamil

(photo: iStock photo)