11 Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Untuk Membunuh Waktu di Bandara

menunggu di bandaraMenunggu di bandara

Perjalanan menggunakan pesawat terbang memang lebih efisien jika dibandingkan dengan alat transportasi lainnya seperti kapal, kereta atau bus. Meski pesawat terbang adalah pilihan yang tepat untuk melakukan perjalanan jarak jauh bukan berarti  tidak ada masalah yang akan timbul dalam penerbangan.

Terjebak berjam–jam di bandara karena penerbangan delay mungkin hal biasa yang pernah Anda alami jika sering bepergian menggunakan pesawat terbang. Atau terjebak dalam waktu transit yang terlalu lama di bandara. Walaupun bandaranya bagus dan banyak yang bisa dilihat, diam terlalu lama di dalam terminal juga akan terasa membosankan. Ujung–ujungnya mati gaya dan merasa seperti orang tolol yang terperangkap di tembok beton dan kaca.

Loading...

Terus, apa saja aktivitas yang bisa Anda lakukan agar tidak mati gaya ketika penerbangan delay atau transit saat di terminal bandara?

1. Bermain gadget

Hampir semua bandara menyediakan fasilitas wifi gratis di setiap ruang tunggu atau terminal. Aktifkan smartphone, Ipad atau notebook. Anda bisa memanfaatkan waktu dengan mengecek atau membalas email, chatting, browsing, update status di media sosial, mendengarkan musik, menonton fim atau bermain game. Bagi yang tidak punya gadget tidak perlu khawatir karena di beberapa bandara besar juga sudah tersedia komputer yang tersambung dengan internet.

2. Jelajahi bandara

Menjelajahi setiap sudut–sudut bandara merupakan keasyikan tersendiri untuk mengusir kebosanan menunggu pesawat. Setiap bandara memiliki sudut-sudut unik seperti tempat yang menyediakan fasilitas spa dan pijat. Di beberapa bandara internasional seperti Kuala Lumpur terdapat taman hutan hujan tropis, taman minimalis zen di bandara internsional Dubai, atau bandara Changi, Singapura yang tersedia berbagai jenis taman dari taman kupu-kupu, taman kaktus, taman pakis, kolam ikan koi, taman anggrek dan taman bunga matahari.

READ:  Hindari 17 Kesalahan Budaya di Korea Ini!

3. Nge-lounge

Beruntunglah jika Anda pemegang tiket business class atau first class. Penumpang kelas pertama selalu mendapat prioritas atau pelayanan lebih dibandingkan dengan penumpang kelas ekonomi. Penumpang first class bebas menggunakan fasilitas di VIP Lounge, bersantai dan mencicipi aneka makanan dan minuman yang berlimpah. Tidak memiliki status elit penerbangan? Anda bisa masuk ke beberapa ruang tunggu eksklusif yang terbuka untuk umum dan tentunya dikenakan biaya.

4. Belanja

Bagi penggila belanja Anda bisa membeli barang bermerk dengan lebih murah di duty free shop (toko bebas bea cukai) atau membeli souvenir untuk kolega atau keluarga Anda di rumah. Harga barang yang dijual di bandara biasanya agak mahal namun jika tidak tertarik berbelanja Anda bisa sekedar window shopping untuk mengusir kebosanan.

5. Wisata kuliner

Ingin memanjakan lidah? Tidak ada salahnya mencicipi aneka jenis makanan yang tersedia di food court bandara. Atau bersantai di kafe menikmati secangkir cappuccino atau kopi hangat lainnya. Harga makanan di bandara biasanya dua kali lipat dari harga normal. Jika ingin berhemat triknya adalah dengan bertanya kepada petugas bandara mengenai tempat makan karyawan. Harga makanan di situ biasanya lebih murah dan terjangkau.  Anda bisa mencoba berbagai variasi makanan tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

READ:  Tren Booking Hotel Via Online

6. Baca buku

Membaca buku atau majalah adalah kegiatan yang bisa dilakukan untuk membunuh waktu selama transit atau delay. Anda bisa menyelipkan buku favorit di dalam ransel atau tas untuk mengisi waktu jeda.

7. Berteman

Berkenalan dan ngobrol dengan orang baru bisa mengusir rasa jenuh di bandara. Anda bisa bertukar cerita atau informasi dengan orang asing di samping tempat duduk Anda. Dari topik ngalor ngidur atau sekedar basa–basi dengan orang yang terjebak dalam situasi yang sama. Siapa tau Anda bisa mendapatkan informasi mengenai tempat yang akan Anda kunjungi atau malah mendapat jodoh di bandara.

8. Keluar bandara

Bosan berada di dalam bandara? Anda bisa keluar menikmati udara atau jalan–jalan menikmati pemandangan alam. Di bandara internasional seperti bandara Changi Singapura misalnya disediakan city tour gratis selama dua jam.

9. Berburu foto

Anda hobi fotografi? Berburu foto di bandara cukup menyenangkan karena banyak objek yang bisa dipotret mulai dari aktivitas penumpang, orang yang lalu lalang atau produk–produk yang di jual di dalam etalase toko.

READ:  Menghadapi Penerbangan Delay secara Hukum

10. Mengamati aktivitas manusia

Mengamati manusia terkadang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa memperhatikan orang lalu lalang, memperhatikan gaya bicara mereka atau menebak asal mereka hanya dengan memperhatikan gaya bicara, bahasa, aksen serta barang yang melekat atau yang mereka bawa.

11. Tidur

Transit dalam waktu lama dan tiba malam hari? Tidur adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu. Carilah tempat yang cukup nyaman untuk tidur seperti bangku panjang yang bisa untuk selonjoran. Bila membawa sleeping bag carilah pojok yang nyaman dan bersih untuk menggelar sleeping bag. Jika masih belum merasa nyaman, carilah mushola karena biasanya di mushola ada karpet bersih dan suasananya tidak berisik.

Sambil menikmati kegiatan tersebut di atas, Anda harus tetap ingat dengan jadwal penerbangan. Jangan sampai ketinggalan pesawat. Untuk lebih aman, pasanglah alarm di arloji, hp atau gadget satu jam sebelum keberangkatan.

Enjoy your flight!

(photo: blog.standforisrael.org )