Panduan Singkat Membeli GPS Mobil

GPS mobilGPS mobil

Sering nyasar atau salah jalan ketika mencari lokasi yang dituju menggunakan kendaraan sendiri? Nyasar atau tersesat sering dialami oleh siapa saja terutama yang baru memiliki mobil. Pengalaman tersesat juga bisa menimpa orang yang hobi berpetualang menjelajah berbagai kota. Tidak menutup kemungkinan banyak jalan–jalan yang tidak diketahui atau belum pernah dilewati sebelumnya.

Agar tidak bingung melihat peta dan menanyakan rute jalan berkali–kali, sudah saatnya untuk melengkapi mobil Anda dengan perangkat GPS. GPS atau Global Positioning system adalah alat navigasi atau penunjuk jalan yang dipasang di dalam kendaraan. Dibandingkan dengan peta, GPS jauh lebih mudah digunakan karena konsentrasi mengemudi tidak akan terganggu. Meski mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat GPS sebagai aksesoris standar, alat ini bisa dibeli secara terpisah untuk mobil yang tidak memiliki perangkat tersebut.

Loading...

Apa saja yang harus dipertimbangkan untuk memilih GPS mobil? Simak ulasan berikut:

1. Tingkat sensitifitas penangkapan satelit

Teknologi GPS tidak menggunakan layanan data, hanya mengandalkan sinyal satelit. Pastikan perangkat GPS yang Anda beli memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi untuk menangkap sinyal. GPS minimal membutuhkan tiga satelit untuk mendapatkan posisi. Kaca film mobil biasanya akan mempengaruhi daya tangkap GPS terhadap satelit. Untuk mengantisipasinya Anda bisa menambahkan antena eksternal atau mengganti bahan kaca mobil dengan bahan non metal.

READ:  5 Alasan Mengapa Mobil Perlu Memakai GPS

2. Ukuran dan resolusi layar

Ukuran dan resolusi layar sangat berpengaruh pada preview peta yang ditampilkan oleh GPS. Semakin lebar layarnya maka semakin jelas informasi yang ditampilkan dipeta dan makin memudahkan Anda untuk melihatnya ketika mengemudi. Periksa pula resolusi layar karena akan berpengaruh pada tingkat kecerahan. GPS dengan tingkat resolusi layar yang bagus akan tetap terlihat jelas meski terkena sinar matahari yang terang.

3. Processor

Sama halnya seperti komputer, GPS mobil juga butuh processor yang berkualitas tinggi untuk mendukung kinerja GPS dalam menentukan lokasi. Semakin tinggi kualitas processornya maka semakin cepat dan tepat pula respon sebuah GPS untuk mencari atau menentukan lokasi yang ingin dituju.

4. Kelengkapan peta

Periksa kelengkapan peta jika Anda hendak membeli GPS. Teliti apakah GPS tersebut dilengkapi peta lokasi yang Anda lalui, kualitas petanya serta kemudahan updatenya.

5. Ketahanan batere

GPS dilengkapi baterai sama halnya dengan handphone, tablet atau perangkat elektronik lainnya. Jika daya baterenya habis, Anda bisa mengisi ulang powernya dengan mencoloknya ke Cigaret Lighter. Pilihlah GPS yang memiliki daya tahan batere paling lama.

READ:  Apa Istimewanya Smart Camera Samsung?

6. Fitur lain

GPS selain berfungsi sebagai peta untuk menentukan lokasi juga telah dilengkapi dengan fitur lain seperti MP3 player, game, kamera bahkan TV analog. Fitur–fitur ini bisa digunakan ketika GPS sedang tidak difungsikan. Ketika membeli aksesoris GPS untuk mobil sebaiknya dilengkapi dengan voice guidance (perintah suara) agar memudahkan Anda untuk tidak melihat layar terus menerus dan mengurangi resiko kecelakaan dalam berkendara.

(photo: toyota.astra.co.id)